Kamu Cenderung Pendiam? Kenali Yuk Manfaat jadi Seseorang Introvert

Kamu Cenderung Pendiam Kenali Yuk Manfaat jadi Seseorang Introvert Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Covesia.com - Manusia diciptakan memang berbeda-beda baik dari ciri fisiknya, tingkah lakunya juga sifat kepribadiannya. Ada dua kepribadian yang paling dikenal dalam pergaulan yakninya ekstrovert dan introvert.

Ekstrovert dicirikan orang yang suka pergaulan, tidak kaku, senang dalam kegiatan sosial, sedangkan introvert sebaliknya. Introvert cendrung pendiam, suka menyendiri, mudah tersinggung, kurang percaya diri, tidak suka bicara dan sebagainya. Namun, ternyata tak selamanya pribadi introvert negatif lo. Berikut covesia.com tuliskan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Ahli dalam menyelesaikan masalah

Seorang yang memiliki kepribadian introvert ternyata ahli dalam menyelesaikan masalau atau pemberi solusi yang baik. Hal itu dikarenakan ia merupakan tipe pemikir dan suka menganalisis. Sebuah data ditemukan oleh Lurie Helgo  bahwa otak sang introvert bekerja secara cepat dan baik mengambil data, menemukan analisis. Maka dari itu tak diragukan bahwa introvert ahli dalam menyelesaikan masalah.

Perencana yang baik

Introvert suka berpikiran jangka panjang. Segala tindakannya telah ia pikirkan terlebih dahulu. Sang introvert tidak mau merepotkan dirinya sendiri karena gegabah mengambil keputusan. Maka dari itu, ia akan melihat sesuatu dari berbagai sisi sebelum menetapkannya.

Berbakat dalam menulis

Introvert fokus pada pemikirannya yang mendalam. Ia lebih banyak menggunakan otaknya dibandingkan ototnya. Makanya ia sangat berbakat dalam menulis karena bisa menuliskan ide dalam otaknya dengan baik.

Pendengar yang baik

Banyak sekali yang menjadikan orang yang berkepribadian introvert sebagai tempat menuangkan perasaan. Itu disebabkan sang Introvert tidak mendominasi pembicaraan. Ia lebih senang mendengar, makanya ia juga berbakan menjadi pemimpin sebab mampu mendengarkan pendapat orang lain.

Jiwa kreatif

Jiwa kreatif tumbuh dari diri si Introvert, hal itu dikarenakan ia selalu memiliki dunianyan sendiri. Meski jarang mengekspresikan dirinya, namun ia memiliki pikiran out of the box. Ia adalah pemilik ide kreatif dan inovatif.

Nah, bagaimana? Jangan sedih bila dirimu memiliki kepribadian introvert ya. Sebab banyak juga kelebihan yang dimiliki oleh tipe kepribadian satu ini. 

Kontributor: Laila Marni

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga