Empat Kunci Sukses Ala Najwa Shihab

Empat Kunci Sukses Ala Najwa Shihab Jurnalis Senior Najwa Shihab (Foto: Instagram @najwashihab)

Covesia.com - Menjadi sukses adalah mimpi kebanyakan manusia di muka bumi ini. Sukses di dunia pekerjaan, di perkuliahan, dan di bidang lainnya. Najwa Shihab pernah membagikan 4 kunci sukses yang perlu kamu lakukan bila ingin sukses. Namun, katanya, “Apa gunanya sekolah tinggi-tinggi, jika hanya perkaya diri sendiri dan family.”

Sebenarnya sukses tidak melulu dicirikan dengan pendidikan yang tinggi, harta yang berlimpah, rumah megah, mobil mewah, tapi juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Bahkan ada pengertian yang lebih rendah hati lagi bahwa kesuksesan adalah menjalani hidup sesuai dengan yang anda inginkan, melakukan apa yang dinikmati dan dikelilingi oleh orang-orang yang dicintai.

Berikut covesia.com kumpulkan dari berbagai sumber 4 kunci sukses ala Najwa Shihab Jurnalis senior yang malang melintang di dunia Jurnalistik

Kejarlah passion kamu

Tidak ada manusia yang tidak senang bila bekerja sesuai dengan hal yang disukainya dan diapresiasi oleh orang lain. Makanya, sebelum terjun ke dunia pekerjaan ataupun dunia perkuliahan hendaknya mengenali passion yang dipunya. Najwa Shihab berkata bahwa kembangkan kemampuan di bidang yang menjadi passion tersebut dan berkontribusilah lebih baik lagi. Jangan cepat menyerah, setiap proses akan selalu ada tantangannya.

Tiangkatkan kualitas diri dan perluas relasi

Aktif berorganisasi membuat seseorang memiliki banyak relasi. Bagaimana tidak, dengan berorganisasi seseorang akan bertemu dengan orang baru yang tentunya memiliki pemikiran yang berbeda. Tak hanya berorganisasi di kampus, bagi yang sudah bekerja tidak ada salahnya aktif dalam organisasi relawan misalnya. Namun, dalam organisasi banyak tantangannya yang harus kuat-kuat, jadilah orang yang berpikiran terbuka sehingga bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari orang lain.

Rajinlah membaca

Taukah Anda bahwa Najwa Shihab merupakan duta baca Indonesia 2016-2020. Ia sangat aktif membaca, sebab membaca akan membuat wawasan menjadi luas. Bahkan oprang yang suka membaca cendrung cerdas dan banyak pengetahuannya. Ini merupakan kunci sukses yang paling dibutuhkan. Untuk membiasakan membaca bukanlah hal yang sulit. Mulailah dengan yang kecil-kecil dulu, membaca 15 menit sehari, lam-kelamaan kebiasaan tersebut susah dihentikan hingga kamu jadi pribadi yang dekat dengan buku.

Jangan takut eksplorasi hal baru

Tak sedikit yang memilih untuk bertahan dengan ketakutannya dengan hal baru sehingga menghambat peluang besar yang bisa saja itu adalah pintu kesuksesannya. Hal baru tak selayaknya dipandang sebelah mata, kenali dulu, dekati lebih jauh baru boleh memutuskan bahwa hal baru tersebut baik atau buruk. Mengeksplorasi hal baru tak ada salahnya, selagi masih di jalur aman. Maksudnya selagi positif, laluilah tantangan demi tantangan tersebut.

Penulis: Laila Marni.

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga