Bunga Saffron, Rempah Mahal ini Ampuh Cerahkan Kulit Wajah

Bunga Saffron Rempah Mahal ini Ampuh Cerahkan Kulit Wajah ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Saffron menjadi salah satu bahan alami yang disebut-sebut kaya akan kandungan baik dan bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Bunga yang berasal dari Crocus Sativus (kuma-kuma) berasal dari Asia Barat Daya yang ditanam di wilayah ekstrem. Bunga saffron umumnya mekar di bulan Oktober, dengan berwarna biru keunguan atau mendekati pink.

Banyak yang mengatakan jika Saffron adalah rempah-rempah termahal di dunia karena harganya yang cukup tinggi yakni bisa mencapai hingga Rp 500 ribu per gramnya.

Selain jadi bumbu masak, rempah ini juga kerap digunakan untuk obat tradisional yang baik untuk mengatasi batuk, pilek, insomnia, hingga masalah organ intim para perempuan seperti keputihan. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat Saffron untuk kecantikan yang menarik untuk diketahui.

Mencerahkan kulit

​​​​​​​Jenis rempah yang harga per gramnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah ini berkhasiat sebagai bahan alami dalam mencerahkan kulit. 

Anda bisa mencampurkan bunga saffron, susu, dan kayu cendana. Lalu campur hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah dan diamkan hingga 20 menit lalau bilas hingga tuntas. 

Cara ini cukup efektif karena saffron mengandung senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan menghidrasi kulit.

Mengatasi bekas jerawat

Saffron bersifat antifungal dan saat dipadukan dengan daun basil, maka akan menjadi agen antibakteri yang baik bagi kulit sekaligus mampu menghilangkan bekas jerawat secara efektif.

Mengatasi lingkar mata hitam

Lingkar hitam pada mata bisa diatasi dengan menggunakan saffron yang dicampurkan dengan dua sendok teh air putih dan didiamkan selama satu malam. Jika sudah diekstraksi, anda bisa menambahkan susu dan minyak zaitun pada campuran tersebut dan aplikasikan sebagai masker pada area mata yang menghitam. Jika sudah, bilas dengan bersih.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga