Menyantap Ubur-ubur Ternyata Punya Manfaat Tak Diduga Bagi Kesehatan, Apa itu?

Menyantap Uburubur Ternyata Punya Manfaat Tak Diduga Bagi Kesehatan Apa itu ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Ubur-ubur dikenal memiliki racun menyengat untuk melindungi dirinya. Namun, ternyata ubur-ubur dapat diolah menjadi hidangan yang lezat.

Salah satunya, di China Ubur-ubur diolah menjadi salad untuk makanan pembuka. Pun di Jepang, ubur-ubur dihidangkan sebagai asinan bersama sayuran seperti, kol, selada dan mentimun. 

Ubur-ubur tak melulu bahaya, buktinya covesia.com ulas dari berbagai sumber ternyata menyantapnya baik untuk kesehatan seperti berikut.

Mencegah asma

Ubur-ubur mengandung senyawa khusu yang mampu menurunkan resiko asma dan bisa dikonsumsi sejak bayi masih dalam kandungan.

Baik untuk diet

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menjaga kestabilan tubuhnya alias diet. Nah ternyata ubur-ubur banyak mengandung nutrisi yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan bertenaga. Tak ada salahnya mengonsumsi ubur-ubur untuk program diet.

Mencegah penyakit kardiovaskar

Kardiovaskar atau penyempitan pembuluh darah dapat saja terjadi pada siapapun. Untuk mencegahnya, bisa mengonsumsi ubur-ubur. Alasannya tidak lain karena ubur-ubur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung zat asetikolin.

Mengurangi resiko demensia

Ubur-ubur ternyata juga mengandung protein pengikat kalsium protein genetik alami yang berguna untuk menimgkatkan memori. Lansia yang memakan ubur-ubur  dua kali seminggu tidak mudah terkena demensia dan penyakit lainnya yang umumnya menyerang lansia.

Diabetes 

Mengonsumsi ubur-ubur dapat membantu mengatur kadar gula pada pasien penderita diabetes. Peradangan dan mencegah keriput. Kolagen yang terdapat pada ubur-ubur dapat bermanfaat dalam pengobatan radang sendi dan mencegah keriput dalam kulit.

Baik untuk ibu hamil

Mengonsumsi ubur-ubur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kelahiran prematur dan meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan. Meski demikian, mengonsumsi ubur-ubur tidaklah boleh berlebihan dan harus diperhatikan cara memasaknya.

Kini ubur-ubur dapat masuk dalam salah satu menu makanan anda. Akan tetapi, ingat, konsumsilah ubur-ubur dalam takaran yang cukup, diproses secara higienis, dan dimasak secara matang. Hal ini untuk mencegah kemungkinan anda terkena masalah kesehatan di kemudian hari.

Kontributor Padang: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga