Berikut Bahaya Abu PLTU Ombilin yang Dihirup Masyarakat Sijantang

Berikut Bahaya Abu PLTU Ombilin yang Dihirup Masyarakat Sijantang Cerobong asap PLTU Ombilin (Foto: Laila/ Covesia)

Covesia.com - Masyarakat Sijantang Koto di Sawahlunto setiap harinya menghirup udara yang telah bercampur dengan abu PLTU Ombilin yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

Mutia, perwakilan koalisi Bersihkan Indonesia dari Jakarta memaparkan bahaya yang ada terkandung dalam abu yang bertebaran dan dihirup oleh masyarakat setempat. 

Baca : ''Kami Ditikam Polusi'' Aksi LBH Padang Bersama SDN 19 Sijantang Sawahlunto

"Di Jakarta, abu dari cerobong asap PLTU tidak diperbolehkan dipegang. Namun, di sini masyarakat memegang dan menghirup," ungkapnya.

"Abu tersebut mengandung limbah B3, saya sangat prihatin, anak-anak harus diperiksakan kesehatannya," ungkap aktivis dari Jakarta itu, Rabu (17/10/2019).

Resiko yang disebabkan oleh abu PLTU ini tak hanya masalah pernapasan tapi bahkan paru-paru. "Jangan sesekali memegang langsung dengan tangan, karena partikelnya akan lengket dan tak kasat mata," terangnya.

Selanjutnya Mutia juga mengatakan abu yang terus menerus mengenai mata juga bisa menyebabkan katarak. Bahkan paling parah menimbulkan kebutaan.

Ia menyarankan untuk kesehatan masyarakat segera tutup fentilasi dengan busa. Lalu, bedakan lap yang dipakai untuk membersihkan abu dengan lap lainnya.

Tak hanya itu, ia mengimbau pakaian jangan dijemur di luar sebab bahaya abu tersebut.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga