Tak Hanya Terasa Nikmat, Makan Langsung Pakai Tangan Punya 7 Manfaat Sehat

Tak Hanya Terasa Nikmat Makan Langsung Pakai Tangan Punya 7 Manfaat Sehat Foto: Istimewa

Covesia.com - Makan langsung pakai tangan membuat makanan terasa lebih nikmat. Tak hanya itu, makan langsung pakai tangan memberikan manfaat sehat.

Makan langsung pakai tangan merupakan budaya orang Indonesia yang sudah lama diketahui. Namun hal ini juga banyak dipraktekkan orang India dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Seperti dilansir dari Little Bites of Beauty (06/06/17), seseorang bernama Zeromi menceritakan kisahnya saat berkunjung ke India. Ia melihat beberapa orang India yang memakan makanan mereka langsung pakai tangan.

Hal itu membuat dirinya sedikit terkejut akan budaya tersebut. Ia melihat seorang nenek India duduk di restoran bintang lima mengambil saus kari dengan tangan mereka, lalu mencampurnya dengan nasi memakai 4 jari mereka, dan menyuapi langsung ke mulut cucunya.

Ada juga seorang manajer berusia 30 tahun yang sedang membicarakan bisnis sambil menyantap ayam tandoori mereka langsung menggunakan tangan. Pengalaman ini nampak sangat baru untuk Zeromi. Tapi bagi orang Indonesia hal ini bukan lagi hal yang baru, karena budaya ini juga dilakukan di sini.

Makan langsung pakai tangan ternyata juga memiliki manfaat besar. Berikut 7 manfaat makan sehat makan langsung pakai tangan :

1. Praktek alami

Makan langsung pakai tangan adalah hal biasa di sebagian besar negara. Apalagi untuk masyarakat Indonesia dan India. Karena zaman dulu saat belum ada alat buatan manusia untuk makan, mereka akan menggunakan tangan untuk menyuapi makanan masuk ke dalam mulut.

2. Menyehatkan pencernaan

Ketika menyentuh makanan dengan tangan anda, jutaan saraf di ujung jari anda mengirimkan pesan ke otak bahwa anda akan makan. Pesan ini kemudian diteruskan ke perut anda, yang mulai melepaskan cairan pencernaan dan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan.

Selain itu, ujung saraf di jari-jari anda bahkan dapat merasakan suhu dan tekstur makanan yang akan anda makan dan dengan demikian menyiapkan otak anda untuk memicu pelepasan cairan dan enzim pencernaan anda.

3. Membuat lebih konsentrasi pada makanan sepenuhnya

Makan langsung pakai tangan mengharuskan anda untuk hadir sepenuhnya. Dan keadaan pikiran yang tenang dan sadar memungkinkan pencernaan yang optimal dan membantu untuk tidak makan berlebihan.

Tidak hanya makan dengan sadar meningkatkan asimilasi nutrisi dari makanan yang anda makan, itu juga meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan membuat anda meninggalkan meja dengan pikiran yang lebih tenang.

4. Melibatkan semua indera

Melibatkan semua indera bagaimana anda merasakannya, jika anda menggunakan alat bantu seperti sendok dan garpu itu terbatas pada tekstur yang anda rasakan di mulut. Makan langsung pakai tangan dapat menambah dimensi sentuhan pada makanan anda dan melibatkan semua indera.

5. Menghadirkan bakteri sehat di usus

Selama anda mencuci tangan sebelum makan, kulit tangan akan dihuni oleh bakteri sehat, yang dikenal sebagai flora normal. Bakteri tersebut yang dapat melindungi anda dari bakteri berbahaya lain yang berasal dari lingkungan luar.

Makan dengan tangan anda meningkatkan kekebalan alami usus kita terhadap kuman bakteri lingkungan.

6. Mencegah lidah terbakar karena suhu panas makanan

Tangan merupakan sensor suhu yang sangat efektif. Ketika anda makan dengan garpu, makanan langsung masuk dari piring ke mulut, dan anda tidak menyadari bahwa itu terlalu panas.

Ketika menyentuh makanan anda dengan tangan, ujung saraf di ujung jari anda akan memberi tahu suhu panas makanan. Hal tersebut secara efektif dapat mencegah lidah anda terbakar.

7. Membuat lebih fokus

Dengan makanan yang ada di jari, itu membuat anda terjebak hanya melakukan satu hal atau lebih fokus dan konsentrasi pada makanan. Jadi anda akan terus fokus makan tanpa harus terganggung atau teralihkan perhatian dengan hal yang lainnya seperti menggunakan ponsel.

Sumber: DetikFood

Berita Terkait

Baca Juga