Gugup Saat Wawancara, 7 Tips ini Bisa Mengatasinya

Gugup Saat Wawancara 7 Tips ini Bisa Mengatasinya ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Jika pikiran menghadiri wawancara kerja membuat anda gelisah, anda tidak sendiri. Harris interactive Inc. perusahaan riset ternama, mengeluarkan “a study on job interview anxiety” di tahun 2013 dimana dijelaskan kegelisahan disaat wawancara kerja adalah yang paling sering dirasakan oleh pelamar kerja.

Sedikit dosis dari kegelisahan ini bagus dan bahkan diperkirakan oleh pewawancara, tetapi tidak ketika itu mempengaruhi performance dari pelamar kerja. Untungnya, sekarang sangat mungkin untuk mengatasi kegelisahan ini,

Ikuti tips wawancara berikut dan anda akan merasa tidak gelisah saat wawancara pekerjaan dikutip covesia dari laman jobstreet:

1. Melakukan persiapan

Tidak ada yang mengalahkan persiapan yang baik untuk pelamar kerja yang gelisah. Kapanpun anda melamar pekerjaan, sudah menjadi tugas anda untuk mempelajari perusahaan dan posisi yang anda lamar.

Anda akan segera menyadari bahwa usaha anda akan terbayar ketika anda mendapat panggilan wawancara. Mengapa bisa begitu? Karena pelamar yang telah melakukan riset yang bagus lebih percaya diri dan memberikan kesan positif kepada pewawancara bahwa dia serius akan posisi yang dilamar,” ujar Elango R, Kepala Divisi HRD di MphasiS di dalam wawancara untuk The Economic Times.

Hasilnya, Ini menurunkan kegelisahan pelamar saat wawancara, jadi kerjakan PR kalian sebelum kalian melakukan wawancara. Belajar sebanyak yang kalian bisa tentang produk dan service dari perusahaan yang akan kalian lamar, cari tentang budaya mereka dan coba untuk mengetahui profil pewawancara anda.

Itu adalah sesuatu yang bisa disamakan dengan ujian sekolah kalian harus mengerjakan PR dan belajar terlebih dahulu sebelum melakukan test.

2. Latih jawaban kalian

Setelah mempelajari posisi dan perusahaan apa yang anda lamar, sekarang anda bisa mempersiapkan pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan saat wawancara.

Dari informasi yang telah didapatkan dari pengamatan anda, buatlah pertanyaan yang berkemungkinan besar akan muncul dan latihlah jawaban anda. Pasti akan ada pertanyaan yang standar seperti “Ceritakan tentang diri anda” atau “ Mengapa anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya?” anda harus bersiap-siap dengan pertanyaan itu.

Lebih baik, siapkan “sales pitch” untuk diri anda yang menyatakan mengapa anda adalah orang yang paling cocok dengan pekerjaan ini. Kesalahan dari orang-orang terdahulu adalah mereka berfikir mereka bisa mendatangi interview tanpa harus bersiap.

Kenyataannya, akan selalu ada pengalaman tidak terlewatkan dalam wawancara pekerjaan walaupun hanya dengan pertanyaan sederhana ini. Latihan dengan teman atau keluarga bukan hal yang buruk untuk dilakukan asalkan anda siap dengan kejadian sebenarnya.

Pastikan anda tetap terdengar natural dan dapat diajak bicara saat interview, walaupun ketika anda sudah latihan jauh jauh hari.

3. Persiapkan yang terburuk

Ada banyak hal yang bisa salah pada hari wawancara: tiba-tiba hujan, ban kempes, noda yang tidak disengaja pada pakaian anda, dll anda mungkin tidak memiliki kekuatan untuk mengubah masa depan tetapi anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk membantu mengurangi dampaknya.

Misalnya, sebagai langkah pencegahan jika anda memiliki sebuah wawancara yang dijadwalkan besok, anda dapat meminta lokasi dari perusahaan yang mengundang anda untuk membantu anda menemukan kantor mereka lebih cepat, atau menggunakan aplikasi pada ponsel anda yang memberitahu anda rute tercepat untuk sampai pada tujuan.

Tidur lebih awal sehingga anda akan memiliki banyak waktu jika anda mengalami lalu lintas berat. Untuk menghindari kecelakaan yang berhubungan dengan cuaca, periksa ramalan untuk hari berikutnya untuk membantu anda bersiap-siap.

Jika anda siap untuk apa pun yang akan terjadi maka hal itu  dapat membantu anda merasa lebih santai saat wawancara.

4. Datanglah dengan aura positif

Usir semua aura negatif dengan tetap optimis sepanjang seluruh proses wawancara. Bayangkan diri anda melakukan wawancara dengan baik: anda dapat menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan dengan percaya diri, dan pewawancara menanggapi dengan baik jawaban anda dan pertemuan berakhir pada catatan yang sangat bagus.

Jagalah citra dalam pikiran anda dan terus membayangkan itu setiap kali anda mulai meragukan diri sendiri. Masih memiliki waktu sulit mencoba untuk mendapatkan pikiran positif? Ingat bahwa manajer mempekerjakan sudah menyukai anda untuk siapa anda itu sebabnya anda dipilih dari sekian banyak pelamar!

Selama di Forbes, Andy Teach, penulis Dari Wisuda ke Perusahaan saham pemikiran menghibur ini untuk semua calon, “Anda diminta untuk datang untuk wawancara karena suatu alasan.

Seseorang di perusahaan yang menyukai resume anda dan merasa bahwa anda mungkin sangat cocok. Selalu ingatkan diri anda dari kemampuan anda dan prestasi dan mengapa anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu,”katanya.

Singkatnya, para pengambil keputusan sudah berpikir anda cukup besar sehingga berpegang pada pemikiran itu dan menggunakannya untuk bersinar lebih terang.

5. Bernafas teratur

Mengambil napas dalam-dalam dapat membantu menenangkan anda. Itu karena anda mengambil oksigen ke darah yang merenggangkan pikiran dan tubuh, dan efeknya adalah anda dapat berpikir lebih jernih dan melakukan wawancara dengan baik.

Cobalah teknik pernapasan dari WebMD.com ini : “ Istirahatlah selama 5 menit dan fokus pada pernapasan anda. Tegakkan posisi duduk, mata tertutup, dengan tangan di perut anda.

Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung, rasakan udara di perut anda jalan ke bagian atas kepala anda. Ulangi proses ini dah hembuskan napas melalui mulut anda.

”Jika anda masih merasa cemas pada hari wawancara, kenapa tidak anda mencoba latihan relaksasi ini?

6. Jangan terburu-buru

Pengalaman saat wawancara kerja adalah sesuatu yang tidak banyak orang berharap untuk mendapatkannya, sehingga beberapa kandidat terburu-buru melalui proses wawancara hanya untuk melewatkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, pasangkan itu dengan kegelisahan makan anda akan berakhir dalam masalah.

Masalahnya di sini adalah mereka tidak bisa datang dengan jawaban yang masuk akal yang mengakibatkan mereka tidak memenangkan tawaran pekerjaan di akhir. Ingat bahwa pewawancara melihat jawaban anda untuk membantu dia menentukan apakah anda pekerja yang baik atau tidak.

Pastikan anda datang dengan jawaban yang bagus yang akan membuat dewi fortuna ada di pihak anda. Kuncinya di sini adalah untuk mengambil waktu anda untuk datang dengan jawaban sangat baik, terutama jika anda mengajukan pertanyaan yang menantang.

Jika anda merasa gugup, atau anda mungkin mengakuinya kepada pewawancara. Pewawancara mungkin akan mengerti dan akan mencairkan suasana yang akan membantu meringankan suasana hati. Dan terakhir, jangan lupa untuk tersenyum!

7. Lepaskan

Sering kali kita menjadi musuh terburuk dari diri kita sendiri tanpa sadar kita menempatkan begitu banyak tekanan dalam diri kita bahkan kesalahan terkecil mendapatkan sorotan tanpa alasan.

Terimalah bahkan dengan semua persiapan ini, kadang-kadang pekerjaannya saja yang tidak tepat bagi kita. Belajar di awal dapat membantu menghapus setiap energi gelisah setiap pencari kerja mungkin alami dalam perjalanan dari wawancara kerja.

Lepaskan hal yang dapat membuatkan anda gelisah jika anda mengacaukan interview atau jika anda gagal untuk mengesankan pewawancara itu bukan akhir dari dunia dan masih ada banyak pekerjaan menunggu anda di luar sana.

Wawancara kerja seharusnya tidak menyebabkan begitu banyak stress pada pencari kerja. Bahkan, itu adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk meningkatkan ilmu dan bersinar!

Namun, jika anda masih merasa tidak nyaman atas wawancara kerja, itu hal biasa. Tips dari kami hanya ambil hati pewawancara anda dan anda akan segera menemukan wawancara kerja lebih mudah seiring dengan berjalannya waktu. Semoga berhasil!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga