Mau Ketemu Klien, 6 Tips ini Bisa Dilakukan Agar Lebih Siap dan Profesional

Mau Ketemu Klien 6 Tips ini Bisa Dilakukan Agar Lebih Siap dan Profesional ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Ada rencana mau ketemu klien? Jangan panik! Bertemu klien memang bikin kamu grogi, jangan khawatir.

Dikutip covesia dari laman jobstreet, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan untuk lebih siap dan terlihat profesional saat meeting. Ayo kita mulai!

1. Pelajari klien kamu

Ini wajib kamu lakukan, jangan sampai tidak! Kamu harus tahu apa yang dibutuhkannya, bagaimana tingkah lakunya, apa latar belakang klien kamu. Tidak semua klien memiliki sifat yang sama, sehingga perlakuan yang kita berikan juga harus di sesuaikan dengan kepribadian mereka.

Jika kamu memperlakukan seseorang yang sibuk dengan tidak cekatan, bisa jadi dia complain, karena kamu terlalu bertele-tele, dan membuang waktunya. Sehingga pelayanan yang bertujuan baik malah menjadi buruk baginya, karena klien kamu membutuhkan seseorang to the point, agar waktunya tidak habis dengan obrolan basa-basi.

2. Datang lebih awal

Jangan sampai klien kamu datang lebih dahulu di banding kamu! Lebih baik kamu yang menunggu klien, karena sebenarnya kamu yang lebih membutuhkan mereka dibandingkan mereka membutuhkan kamu.

Selain itu, jika kamu datang lebih awal, kamu bisa lebih santai dan masih punya waktu untuk mempersiapkan diri. Datang telat hanya membuatmu terlihat tidak menghargai waktu dan tidak profesional.

3. Berikan pembawaan yang baik

Jangan terlalu jutek, atau bermuka masam. Berikan kesan pertama yang bagus, cobalah sesekali untuk tersenyum agar terlihat lebih ramah. Buatlah klien merasa nyaman untuk berbicara dengan kamu, sehingga klien akan senang untuk bekerja sama dengan kamu. Jika kamu terus menjaga hubungan baik dengan klien, kemungkinan klien akan menjadi relasi baru kamu.

4. Tahu timing

Coba jangan kamu terus yang bicara, coba dengarkan juga klien kamu dong. Selain itu, jangan sampai kamu sering memotong pembicaraan klien kamu, usahakan kamu menjadi pendengar yang baik, lalu berikan juga respon yang baik, jangan sampai mereka merasa kamu tidak peduli.

Perhatikan juga topik obrolannya, jangan sampai saat klien baru datang langsung kamu todong dia untuk transfer uang sebagai tanda jadi, bisa-bisa klien malah kabur karena dikira kamu terlalu kaku.

Selain itu, coba lihat situasi saat kamu menjelaskan, apa klien kamu merasa bosan? Apa mereka malah tidak mengerti penjelasan kamu?

5. Pelajari lagi produk kamu

Kamu pasti selalu memberitahukan hal-hal terbaik dari produk kamu saja, iya kan? Setiap produk pasti memiliki kekurangan, coba kamu pelajari kekurangannya juga, setelah itu kamu cari tahu solusinya, dengan begitu kamu akan mengerti bagaimana perasaan klien kamu. Sehingga, kamu dapat memberikan yang terbaik untuk mereka, dan dapat memberikan penjelasan yang lebih baik.

6. Tidur

Kamu harus tidur yang cukup, kenapa? Supaya kamu tidak ngantuk saat ketemu klien. Kalau kamu ngantuk, saat ketemu klien malah jadi tidak fokus! Jadi gawat nanti kalau sampai kamu hilang fokus saat klien kamu tanya sesuatu, nanti kamu malah jawab yang tidak nyambung lagi.

Pada akhirnya, jangan lupa untuk santai, terlalu grogi malah bikin kamu jadi terlalu gugup saat bicara. Semoga berhasil ya meetingnya!

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga