4 Rahasia yang Perlu Kamu Ketahui Agar Cepat Dapat Kerja

4 Rahasia yang Perlu Kamu Ketahui Agar Cepat Dapat Kerja ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Cari kerja memang bukan hal yang mudah. Jaman sekarang, mencari pekerjaan sama susahnya dengan mencari jodoh, banyak yang menarik tapi tidak ada yang jadi milik kita.

Baca: Ingin Kerja Tapi Minder Tak Punya Pengalaman, 4 Tips ini Bisa Anda Lakukan

Tapi jangan sedih! Kita akan kasih cara jitu biar kamu cepat dapat pekerjaan. Yuk, langsung dibaca rahasianya dikutip covesia dari laman jobstreet.

1. Cari kerja yang sesuai dengan keahlian kamu

Ini salah satu faktor penentu penting, agar kamu bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. Perusahaan membutuhkan orang yang sudah cukup mengerti di bidangnya, bukan seseorang yang menghambat work flow mereka.

“Lalu bagaimana sebagai seorang fresh graduate yang hanya memahami ilmunya saja, belum tahu penerapannya?” Hal seperti itu bisa dilatih, karena kamu memiliki dasar ilmunya.

Akan menjadi penghambat, apabila seorang lulusan akunting, ingin melamar menjadi sebagai arsitek. Dua bidang tersebut jelas bertolak belakang, namun akan berbeda ceritanya ketika kamu memiliki pengalaman.

Walaupun kamu berasal dari jurusan yang tidak sesuai, kamu bisa jadi akan dipertimbangkan ketika pengalaman dan skill kamu sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh HR. Jadi jangan sampai salah dan asal melamar!

2. Perluas relasimu

Faktor ini bisa mendukung kamu untuk dapat pekerjaan dengan cepat! Salah satu contohnya, ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, mungkin kamu bisa mengetahuinya lebih cepat dibandingkan masyarakat umum, karena kamu diberikan info oleh teman kamu yang bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi kamu bisa mempersiapkan diri kamu lebih baik dari pesaing dari yang lain.

Selain itu, bisa saja atasan temanmu membutuhkan seorang pekerja, kemudian temanmu merekomendasikan kamu, sehingga mempermudah kamu dalam melalui jalur penyaringan kandidat.

Dengan begitu, bisa dilihat bahwa pentingnya memiliki relasi yang luas, sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan bekerja. Perbanyaklah relasi dan terus menjaga baik hubungan dengan temanmu, siapa tau temanmu yang dapat memberikan pekerjaan untukmu.

3. Tingkatkan kemampuanmu

Dalam bekerja kamu memerlukan skill, soft skill (kemampuan sosial, berbicara, mengelola orang, dll) dan hard skill (kemampuan berbahasa asing, teknologi, akademis, dll). Penting bagi kamu mengembangkan kedua tipe skill tersebut, semakin banyak keahlian/kemampuan kamu, maka akan terlihat semakin berharganya kamu di mata HRD.

Jika kamu memiliki perjalanan pendidikan yang spektakuler, namun tidak memiliki skill apapun, bisa jadi kamu kalah dengan kandidat lain yang pendidikannya biasa saja, namun skill-nya luar biasa.

Skill sangat penting, karena dengan bisa dilihat sekreatif apa kamu dalam menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaan nantinya.  Meningkatkan skill kamu bisa dengan cara mengikuti pelatihan, workshop.

4. Ikut job fair

Nah! Job fair adalah salah satu cara yang masih disukai hingga sekarang. Saat mengikuti job fair perhatikanlah segalanya sedetail mungkin, dari pakaian hingga penulisan resume.

Persiapkan mental dan fisikmu! Job fair memiliki keuntungan dibandingkan cara mencari kerja lainnya yaitu kamu bisa bertemu HR secara langsung. Namun, pengorbanan kamu untuk mengikuti job fair juga besar, kamu perlu mengeluarkan uang untuk transportasi, print dokumen yang diperlukan.

Sehingga, ketika kamu mengikuti job fair, kuatkanlah fisik kamu! Jangan lupa untuk makan karena keadaan dalam job fair pasti akan ramai, dan berdesakan. Lebih baik, sebelum kamu ke job fair tersebut, cari tahu dulu perusahaan incaranmu, dan bawalah beberapa rangkap dari CV/resume kamu.

Jadi, ketika ada perusahaan yang kamu rasa cocok, kamu tidak perlu repot cari tempat print untuk print CV kamu. Jika kamu mengikuti job fair harap perhatikan semuanya dengan matang, dan juga jangan sampai kaget jika kamu akan di interview secara on the spot disana.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga