8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berhenti dari Pekerjaan

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berhenti dari Pekerjaan ilustrasi

Covesia.com - Mungkin bagi sebagian orang pernah menginginkan pekerjaan yang lebih memuaskan namun terjebak di tempat yang sama tahun ini, dan tahun selanjutnya? Mungkin yang demikian adalah rasa takut akan perubahan, atau kerepotan melalui proses pencarian kerja yang menahan anda.

Apapun itu, andalah satu-satunya yang bisa mengubah keadaan anda. Kenyataannya adalah, tidak pernah ada waktu yang baik untuk perubahan. Jika anda mencari alasan untuk tidak meninggalkan pekerjaan, anda akan menemukannya dengan cukup mudah.

Perubahan tidaklah nyaman dan sering menantang selama tahap awal, tapi tidak ada kemajuan tanpa perubahan. Mengapa tidak memanfaatkan tahun baru dan memulai dengan catatan positif?

Inilah saatnya bagi anda untuk berada di kursi pengemudi dan mengarahkan karir anda kembali ke jalur semula, atau ke jalur yang baru.

Berikut adalah delapan hal yang harus dilakukan, untuk membuatnya semudah mungkin untuk melakukan transisi/perubahan dikutip covesia dari laman Jobstreet:

1. Dapatkan keuangan anda secara berurutan

Pastikan anda memiliki cukup tabungan untuk menjalani hidup anda selama enam bulan ke depan, jika anda belum menemukan pekerjaan baru. Anda tidak ingin merasa tertekan untuk mengambil pekerjaan yang lebih buruk daripada yang baru saja anda tinggalkan, hanya karena anda tidak mampu membayar uang sewa dan memberi makan anda sendiri.

Memiliki tabungan yang cukup akan memberi anda waktu dan tempat untuk menemukan pekerjaan yang tepat untuk keahlian dan pengalaman anda.

2. Tuliskan tujuan karir anda

Menuliskan tujuan memungkinkan anda memvisualisasikannya, yang memberi kejelasan pikiran dan membantu anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Menuliskan tujuannya semakin memperkuat komitmen anda untuk mewujudkan impian tersebut.

3. Perbarui resume dan profil anda

Ini mungkin tampak jelas, namun memiliki resume dan profil yang diperbarui dengan baik tidak hanya menempatkan anda dalam kerangka berpikir yang benar untuk memulai pekerjaan anda, ini juga memberi anda dorongan kepercayaan yang sangat dibutuhkan untuk melihat apa yang anda pelajari dan capai dalam karir sejauh ini.

4. Katakan (secara pribadi)

Hubungi kenalan profesional dan sosial anda. Mulailah menyebarkan berita bahwa anda ingin mendapatkan pekerjaan baru. Dengan mengirimkan kabar anda lebih jauh, anda tidak hanya mengandalkan lowongan yang diiklankan.

Ini adalah fakta umum bahwa kebanyakan perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan berdasarkan rekomendasi internal.

5. Mintalah rekomendasi

Seperti disebutkan di atas, direkomendasikan oleh karyawan perusahaan saat ini adalah poin plus utama bagi anda. Jika anda melihat lowongan kerja yang relevan, atau mendengarnya, mintalah teman atau kontak profesional untuk mengakatan hal baik tentang anda. Tidak ada salahnya untuk bertanya, dan anda tidak pernah tahu apa yang dibawakannya untuk anda.

6. Dapatkan referensi tertulis

Pastikan anda mendapatkan referensi tertulis dari rekan kerja dan atasan. Anda akan membutuhkannya untuk lamaran pekerjaan anda. Ini sangat baik untuk menyelesaikan urusan ini lebih awal dari daftar urusan lainnya.

Agar prosesnya lebih mudah, anda bisa menawarkan untuk menulis surat atau memberikan referensi seperti template yang dapat disesuaikan.

7. Siapkan surat pengunduran diri anda

Anda ingin memberi banyak pemberitahuan untuk memastikan atasan anda memiliki cukup waktu untuk mencari pengganti anda. Tinggalkan dengan baik-baik anda bisa menyeberang jalan lagi di masa depan, dan selalu lebih baik mempertahankan hubungan profesional.

8. Punya rencana serah terima

Jangan menunggu atasan anda memintanya. Siapkan segera setelah anda menyerahkan surat pengunduran diri. Ini menunjukkan kepada atasan bahwa anda telah memikirkan dan mempertimbangkan dengan hati-hati ke masa transisi departemen, yang pada gilirannya akan membuat transisi anda sendiri menjadi lebih mudah juga. Pada akhirnya sesuatu yang diorganisir dengan baik adalah kunci efisiensi.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga