Soal Pelecehan yang Dialami YouTuber Gita Savitri, Politeknik Negeri Padang Angkat Bicara

Soal Pelecehan yang Dialami YouTuber Gita Savitri Politeknik Negeri Padang Angkat Bicara Youtuber Gita Savitri (youtube)

Covesia.com - Kepala Humas Politeknik Negeri Padang, Fitri Adona, menjelaskan bahwa Herwandi merupakan alumni dari Politeknik Negeri Padang. 

"Udah tamat anaknya. Pokoknya, dia sudah wisuda. Belum lamalah ya. Buk kurang (tahu) pasti. Tapi mungkin tiga tahun ke bawah," katanya saat dihubungi Covesia.com melalui telepon genggam, Rabu (11/12/2019).

Fitri menjelaskan bahwa permasalahan Herwandi dengan Gita Savitri sudah lepas dari tanggung-jawab kampus. Meski demikian, pihak kampus akan tetap memberikan imbauan moral kepada Herwandi agar mengajukan permintaan maaf kepada Gita Savitri. 

"Masalahnya kan dia sudah tamat dan bekerja kan. Jadi, sudah bebas dari tanggung-jawab kampus," katanya.

Fitri juga menjelaskan bahwa ikatan alumni Politeknik Negeri Padang sangat kuat. Selalu ada reuni yang diadakan tiap tahun. Jika Herwandi mengikuti reuni tersebut dan bertemu dengan Fitri, Fitri menjelaskan bahwa dia akan memberi saran kepada Herwandi terkait penyelesaian masalah tersebut. "Tapi, nggak janji lho," jelasnya. 

Fitri juga mengatakan bahwa Gita sendiri bisa datang ke Politeknik Negeri Padang untuk meluruskan permasalahan.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Gita Savitri, Youtuber asal Sumatera Selatan ini, mengaku mendapatkan pelecehan seksual verbal dari salah seorang pengikutnya di Instagram. Informasi yang beredar, pengikutnya tersebut bernama Herwandi, salah seorang mahasiswa di Kota Padang.

Gita mengaku telah melaporkan hal tersebut kepada salah satu perguruan tinggi negeri di Padang yang menjadi kampus pelaku melalui email. 

Namun Gita merasa balasan email yang ia terima dari perguruan tinggi tersebut tidak lengkap dan ia menduga ada kebohongan pada isi email tersebut. 

"Aku lapor ke kampusnya tanggal 12 November 2019, dan akhirnya pada 7 Desember 2019 dibalas juga tapi isinya sama sekali tidak memuaskan karena tidak dijelaskan kapan si pelaku ini dipanggil, kapan pertemuan antara kampus dan pelakunya itu tidak disebutkan. Terus pihak kampusnya ini tulis bahwa si pelaku sudah minta maaf, padahal aku hubungi dia aja gak diangkat-angkat. Aku dapat info juga dari orang, katanya pertemuannya tanggal 15 November, padahal sampai  tanggal segitu dia gak ada hubungi aku, apalagi minta maaf," jelas Gita.

Menurut Gita, pihak perguruan tinggi tersebut seharusnya mengkonfrontir si pelaku dengannya dan memastikan apakah benar pelaku telah meminta maaf kepadanya. 

Berita TerkaitAlasan Gita Savitri Posting Identitas Pelaku: Aku Kesel Banget, Udah Sering Dapet Kayak Gitu

Covesia.com mencoba mencari tahu apakah benar pihak Politeknik Negeri Padang yang mengirim email balasan tersebut kepada Gita Savitri, dan apakah benar pihak kampus dengan Herwandi telah melakukan pertemuan. Fitri, Kepala Humas Politeknik Negeri Padang, menjelaskan bahwa dia baru mengetahui info tersebut dari Covesia.com sendiri saat wawancara ini dilakukan. 

Fitri lalu meminta Covesia.com untuk menghubungi Gita Savitri lagi, dan memintanya untuk mengirimkan surat di balasan email, yang menurut Gita Savitri, berasal dari perguruan tinggi pelaku. "Jangan-jangan kopnya, kadang-kadang, PNP (Politeknik Negeri Padang), kacau-kacau lagi, ada P-P yang lain universitasnya. Coba saya lihat," ujarnya. 

Saat ditanyakan kembali apakah mungkin pihak kampus akan ikut campur untuk menyelesaikan permasalahan ini, Fitri menjawab, "Bagaimana! Kalau dia mahasiswa, bisa sekarang ini, saya akan panggil, bisa saya mediasi," ujarnya. 

Dia mengatakan bahwa urusan tersebut silahkan diselesaikan secara pribadi oleh Gita Savitri sama dengan Herwandi. Dia mengatakan bahwa jika Gita Savitri belum merasa puas dan menganggap bahwa Herwandi masih berstatus sebagai mahasiswa, silahkan datang ke kampus Politeknik Negeri Padang. "Kan kampus ini milik publik," ujarnya.

Berita Terkait: YouTuber Gita Savitri Naik Pitam Atas Respon Oknum Mahasiswa di Padang

Kontributor: Fakhruddin Arrazzi

Berita Terkait

Baca Juga