Ternyata Kekurangan Lemak Pengaruhi Kesuburan Wanita

Ternyata Kekurangan Lemak Pengaruhi Kesuburan Wanita Ilustrasi

Covesia.com - Salah satu faktor yang memengaruhi kesuburan wanita adalah persentase lemak dalam tubuhnya. Lemak tubuh yang terlalu sedikit bisa menyebabkan terhentinya menstruasi sehingga kesuburan akan turut menurun. Jika demikian, apakah wanita harus banyak makan makanan berlemak untuk meningkatkan kesuburan mereka?

Dilansir dari hellosehat.com, tubuh wanita memiliki dua hormon reproduksi utama, salah satunya adalah estrogen. Estrogen berfungsi dalam pematangan organ reproduksi wanita, terutama untuk perkembangan payudara, pertumbuhan rambut kemaluan, serta siklus menstruasi. 

Sebagian besar estrogen diproduksi oleh ovarium, yakni sepasang kelenjar pada organ reproduksi yang turut menghasilkan sel telur.

Selain ovarium, hormon ini juga diproduksi oleh sel-sel lemak serta kelenjar adrenal yang terdapat pada ginjal.

Jumlah hormon estrogen berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi. Produksi hormon estrogen mencapai puncaknya saat pertengahan siklus, lalu menurun saat menstruasi. Produksi hormon ini akan terhenti sepenuhnya saat Anda mengalami menopause.

Makanan berlemak memang tidak secara langsung meningkatkan kesuburan. Namun, lemak adalah bahan baku untuk membentuk estrogen. Jika Anda kekurangan lemak, tubuh tidak bisa memproduksi cukup estrogen yang diperlukan dalam siklus menstruasi normal.

Melansir laman Hormone Health Network, rendahnya jumlah estrogen bisa mengurangi frekuensi menstruasi, bahkan menghentikannya sama sekali. Kekurangan estrogen juga dapat memicu gejala mirip menopause, seperti:

- Gangguan tidur

- Menurunnya gairah seksual

- Vagina mengering

- Perubahan mood secara mendadak (mood swing)

Kekurangan estrogen juga turut menghambat ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur dari ovarium. Bila ovulasi tidak terjadi, sperma tidak dapat membuahi sel telur. Akibatnya, tingkat kesuburan menurun dan kehamilan pun akan lebih sulit terjadi.

Makanan berlemak yang membantu meningkatkan kesuburan

manfaat lemak bagi kesehatan tubuh

Makan makanan berlemak memberikan manfaat bagi kesuburan. Asupan lemak yang cukup mendukung berlangsungnya ovulasi sehingga pembuahan dapat terjadi. Ini sebabnya Anda perlu mendapatkan asupan lemak untuk bisa mengalami kehamilan.

Akan tetapi, Anda tetap harus mencermati jenis lemak yang dikonsumsi. Jenis lemak yang bisa membantu kesuburan adalah lemak tak jenuh, termasuk asam lemak omega-3.

Lemak tak jenuh adalah lemak menyehatkan yang dapat menurunkan kolesterol, meredakan peradangan, dan baik bagi kesehatan jantung.

Makanan berlemak dari jenis ini juga dapat meningkatkan produksi estrogen sehingga bermanfaat bagi kesuburan.

Berikut adalah beberapa bahan makanan kaya lemak tak jenuh untuk menambah kesuburan:

- Ikan salmon, tuna, hering, makerel, dan teri.

- Alpukat, baik segar ataupun dalam bentuk minyak.

- Kacang kenari, pistachio, pecan, dan almond.

- Buah zaitun dan minyaknya.

- Minyak kanola, minyak jagung, dan minyak kedelai.

- Biji labu, biji bunga matahari, biji chia, dan biji flax.

- Telur dan daging ayam.

- Cokelat hitam.

(lif)

Berita Terkait

Baca Juga