Komentar Pangeran Harry Setelah Gelarnya Dicopot: Aku Sangat Sedih

Komentar Pangeran Harry Setelah Gelarnya Dicopot Aku Sangat Sedih Meghan Markle dan Pangeran Harry

Covesia.com - Pangeran Harry memberikan pernyataannya setelah Kerajaan Inggris menyampaikan keputusan untuk mencopot gelar kerajaannya dan istrinya, Meghan Markle. Pangeran Harry mengaku sangat sedih.

Ungkapan sedih itu disampaikan Pangeran Harry untuk pertamakalinya setelah menyatakan keluar sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Dan menyusul pencopotan gelarnya serta Meghan.

Pada Sabtu (18/1/2019) melalui pernyataan resmi, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II merestui keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang ingin melanjutkan hidup mereka secara mandiri dan lepas dari status anggota senior keluarga Kerajaan. Namun konsekuensinya, mereka harus merelakan gelar His Royal Highness dan Her Royal Highness. 

"The Sussexes tidak akan memakai gelar HRH sebagaimana mereka tidak lagi mengabdi sebagai anggota keluarga Kerajaan," demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Daily Mail.

Mereka juga harus mundur dari tugas-tugas kerajaan sepenuhnya, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan kemiliteran. Pendanaan dari uang publik untuk keduanya pun dihentikan.

Sehari setelah pengumuman dari Istana Buckingham itu, Minggu (19/1/2019), Pangeran Harry hadir di sebuah acara yang digelar organisasi amal Sentebale. Pada acara yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi bagi anak-anak yang terkena HIV itulah Harry menyampaikan pernyataan pertamanya.

Pernyataan Pangeran Harry Setelah Gelarnya Dicopot: Aku Sangat SedihPangeran Harry, Meghan Markle dan Archie. Foto: Toby Melville - Pool/Getty Images

"Sebelum dimulai, aku harus menyampaikan aku bisa membayangkan apa yang sudah kalian dengar atau mungkin baca selama beberapa pekan terakhir. Jadi, aku ingin kalian mendengarnya langsung dariku, bukan sebagai seorang pangeran atau Duke, tapi sebagai Harry, orang yang sama yang sudah kalian lihat tumbuh dewasa selama 35 tahun terakhir, tentu saja dengan sudut pandang yang lebih jelas," ujarnya.

Adik Pangeran William itu melanjutkan, Inggris sudah menjadi rumahnya dan tempat yang dicintainya. Hal itu tidak akan pernah berubah. Dia pun tumbuh besar dengan dukungan dari banyak rakyat Inggris.

"Dan aku juga melihat bagaimana kalian menerima Meghan dengan tangan terbuka saat kalian melihatku menemukan cinta dan kebahagiaan yang aku harapkan itu di sepanjang hidupku. Akhirnya, anak kedua Diana, menikah, hore!" kata Harry.

"Aku juga tahu kalian terus bersamaku beberapa tahun belakangan ini untuk mempercayai wanita yang aku pilih sebagai istriku yang memiliki nilai-nilai yang sama denganku. Dan memang dia begitu, dia adalah wanita yang sama yang membuatku jatuh cinta. Kami berdua melakukan segala cara yang kami untuk membawa bendera dan terus menjalani tugas kami untuk negara ini dengan bangga. Begitu aku dan Meghan menikah, kami sangat senang, kami penuh harapan dan kami di sini untuk mengabdi," tambah pangeran kelahiran 15 September 1984 itu.

"Untuk alasan itu, aku merasa sangat sedih karena harus berakhir seperti ini. Keputusan yang aku buat untuk istriku dan diriku untuk mundur, bukan sesuatu yang aku lakukan dengan mudah. Butuh berbulan-bulan pembicaraan setelah bertahun-tahun penuh tantangan. Dan aku tahu aku tidak selalu benar, tapi sepanjang yang aku tahu, tidak ada pilihan lain. Apa yang ingin aku perjelas di sini adalah, kami tidak melarikan diri dan kami pastinya bukan melarikan diri dari kalian," ucap putra bungsu Pangeran Charles dan Putri Diana itu lagi.

Dalam pernyataan penutupnya, Pangeran Harry mengatakan dia berharap terus bisa mengabdi untuk Ratu Elizabeth II, Kerajaan Inggris dan kemiliteran. "Tapi tidak dengan pendanaan publik. Sayangnya itu tidak mungkin. Jadi aku menerima keputusan ini. Dan itu tidak akan mengubah siapa diriku atau seberapa komitmennya aku. Tapi aku berharap kalian memahami kenapa harus jadi seperti ini, bahwa aku harus membawa keluargaku mundur adalah yang aku tahu, sehingga kami bisa melangkah ke depan dengan harapan memiliki kehidupan yang lebih damai," pungkas ayah dari Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga