5 Tanda Khas Orgasme pada Wanita

5 Tanda Khas Orgasme pada Wanita Ilustrasi

Covesia.com - Orgasme adalah puncak dari rangsangan seksual yang biasanya dideskripsikan seperti ledakan. Sensasi yang dihasilkan orgasme dapat muncul dalam reaksi fisiologis dan psikologis.

Pada wanita khususnya, ada beberapa ciri yang bisa jadi tanda khas orgasme.

Bila kamu pernah mengalami beberapa di antara contoh ini, bisa jadi itu adalah tanda orgasme. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Tubuh tegang, kemudian lemas

Sebagian besar orang mendeskripsikan orgasme sama seperti bersin. Ini karena otot-otot tubuh dengan sendirinya seperti menegang, kejang, kemudian lemas dengan sendirinya.

Biasanya perasaan tegang ini lebih terasa pada tubuh bagian bawah.

2. Senang dan rileks

Saat orgasme, otak akan menghasilkan hormon oksitosin dan dopamin. Dampaknya kamu bisa jadi lebih merasa senang dan rileks

3. Kantuk

Orgasme dapat membuat tubuh rileks dan dengan cara yang sama menimbulkan kantuk. Studi tahun 2017 oleh peneliti Australia menemukan orang-orang yang orgasme sebelum tidur melaporkan tidurnya jadi lebih nyenyak.

Peneliti menyebut kemungkinan ini karena pengaruh hormon oksitosin yang diproduksi saat orgasme.

4. Perubahan ritme napas dan jantung

Napas terengah-engah dan jantung berdebar saat berhubungan seks atau masturbasi jadi salah satu ciri-ciri orgasme. Studi tahun 2008 yang dipublikasi dalam jurnal Blood Pressure Monitoring menyebut detak jantung bisa meningkat hingga puncaknya dari awal orgasme lalu perlahan turun sekitar 10-20 menit kemudian.

5. Tubuh sensitif

Beberapa wanita melaporkan tubuh, terutama organ intimnya, terasa jadi lebih sensitif usai orgasme. Inilah kenapa sebagian wanita tidak mau disentuh dulu selama beberapa menit usai orgasme.

(detik.com)

Berita Terkait

Baca Juga