Sering Disebut 'Musim Kawin', Apakah Benar Udara Dingin Bisa Picu Gairah Seks?

Sering Disebut Musim Kawin Apakah Benar Udara Dingin Bisa Picu Gairah Seks Ilustrasi

Covesia.com - Meski secara fakta musim dingin tak selalu membuat seseorang ingin bercinta, tidak sedikit juga pria atau wanita yang justru malah bergairah saat musim dingin. 

Marisa Cohen, Ph.D., seorang profesor psikologi di St. Francis College dan penulis From First Kiss to Forever: A Scientific Approach to Love mengatakan, ketika orang-orang kedinginan, mereka akan mencari kehangatan dan kedekatan dengan orang yang disayangi. 

Nah, hal tersebut bisa mengarah pada keinginan seseorang untuk berpasangan dengan orang lain dan akhirnya berhubungan seks. Kondisi ini disebut sebagai cuffing season atau hasrat menjalin hubungan saat musim dingin.

Melansir dari Men’s health, ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang ingin berhubungan seks ketika berada di cuaca yang dingin, seperti:

Semua orang berusah untuk tetap hangat

Cohen mengatakan, interaksi sosial cenderung berkurang selama musim dingin. Sebab, banyak orang yang mengisolasi dirinya di rumah dan memilih untuk bermalas-malasan.

Singkatnya, Anda akan cenderung merasa lebih dingin ketika sendirian dan berusaha untuk mencari aktivitas lain yang bikin badan hangat, salah satunya, ya, dengan berhubungan seks. 

Menurut penjelasan dikutip covesia dari dr. Arina Heidyana pada KlikDokter, berhubungan seks memang bisa menciptakan kehangatan, karena secara tidak langsung Anda dan pasangan akan terus bergerak sampai mencapai orgasme. Ini akan menimbulkan gesekan dari tubuh ke tubuh sehingga menciptakan rasa hangat. 

Libido pria memuncak saat cuaca dingin

Para peneliti juga mengatakan, kadar testosteron pria akan mencapai puncaknya pada bulan Desember. Diduga, ini terjadi karena adanya perubahan pola iklim dan pola tidur seseorang. Ketika hormon testosteron meningkat, maka gairah seks pria pun juga semakin meningkat. Ini bisa mengarah pada keinginan untuk berpasangan dengan orang lain dan berhubungan seks.

Cuaca dingin rentan membuat depresi

Saat musim dingin tiba, banyak orang jarang terpapar sinar matahari, dan hal ini memengaruhi gairah seksual pria. Pasalnya, otak berperan untuk menghasilkan hormon serotonin, yaitu neurotransmitter yang bisa mempengaruhi rasa bahagia seseorang. 

Jika paparan sinar matahari sedikit karena cuaca mendung, akan muncul sensasi kesepian dan depresi. Akibatnya, suasana hati cenderung tidak stabil karena hari-hari terasa berubah.

Bahkan, seorang psikolog dari Harvard University, Justin Lehmiller mengatakan, perubahan suasana hati ini dapat memancing hasrat untuk berhubungan seks dengan pasangan.

Cuaca dingin berkaitan dengan istirahat dan liburan

Musim dingin memang sering dikaitkan dengan musim liburan. Inilah yang membuat banyak orang menghabiskan waktu untuk beristirahat dan menikmati waktu dengan pasangan. 

Biasanya waktu istirahat ini akan digunakan oleh pasangan untuk meningkatkan kembali hubungan mereka dengan cara melakukan hubungan seksual, menonton film romantis, memasak bersama, dan sebagainya. 

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga