GoPlay Inisiasi Festival Film dan Serial Online untuk Dukung Industri Perfilman Tetap Bergerak

GoPlay Inisiasi Festival Film dan Serial Online untuk Dukung Industri Perfilman Tetap Bergerak Festival Film dan Serial Online di GoPlay mengkurasi film-film dan serial lokal terbaik yang akan ditayangkan secara eksklusif di GoPlay setiap minggunya. Dua film bertema Ranah Minang yang dapat ditonton di GoPlay termasuk

Covesia.com - Butuh rekomendasi film dan serial keren selama #dirumahaja? GoPlay, video-on-demand dari Gojek Group, menginisiasi rangkaian Festival Film dan Serial Online di GoPlay. Inisiatif ini memiliki dua tujuan besar, mendekatkan dan memperkenalkan masyarakat Indonesia terhadap konten Indonesia yang berkualitas selama #dirumahaja sekaligus membantu pekerja film yang terdampak pandemi COVID-19.

Festival Film dan Serial Online di GoPlay mengkurasi film-film dan serial lokal terbaik yang akan ditayangkan secara eksklusif di GoPlay setiap minggunya. Pengguna bisa menonton film/serial yang telah memenangkan penghargaan nasional maupun internasional seperti 27 Steps of May, film yang mengangkat isu perempuan yang juga telah ditayangkan di berbagai festival internasional, dan Koki-koki Cilik, film drama anak Indonesia nominasi Piala Citra yang hadirkan inspirasi bagi anak-anak yang ingin menjadi chef cilik. 7/24, film drama keluarga yang diperankan Dian Sastrowardoyo serta Lukman Sardi dan Pemenang Piala Maya 2014.

Bekerja sama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan lebih dari 50 asosiasi perfilman di bawah naungan BPI, festival ini mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. GoPlay akan menyalurkan 20% hasil pendapatan dari penjualan akses nonton ke BPI sebagai bentuk apresiasi pekerja film. Bantuan ini kemudian akan disalurkan BPI melalui para asosiasi kepada para pekerja film di masing-masing asosiasi.

Festival yang merupakan bagian dari kampanye #FilmIndonesiaUntukIndonesia akan berlangsung mulai dari 13 Mei sampai 30 Juni 2020 di platform GoPlay. Tiap minggu selama periode tersebut, akan hadir tema dan genre berbeda mulai dari drama, komedi romantis, horor, kisah keluarga hingga misteri.

CEO GoPlay Edy Sulistyo dalam peluncuran inisiatif ini secara virtual menyampaikan “Sejak GoPlay menghadirkan free access selama masa #dirumahaja, terlihat peningkatan apresiasi terhadap film dan serial Indonesia yang ditunjukkan oleh naiknya engagement terhadap platform GoPlay hingga 10 kali lipat. Melalui rangkaian Festival Film dan Serial Online di GoPlay ini, GoPlay ingin semakin mendekatkan dan memperkenalkan masyarakat Indonesia terhadap konten Indonesia yang berkualitas sekaligus mendukung industri film Indonesia agar lebih kuat dari sebelumnya setelah pandemi ini berakhir," sebut Edy, dalam siaran persnya yang diterima, Sabtu (16/5/2020).

Lebih menariknya, GoPlay juga akan menghadirkan beberapa judul film dan serial lokal terbaru yang paling banyak diminati pengguna. Ini sesuai masukan pengguna setia GoPlay selama ini untuk menghadirkan katalog teranyar secara eksklusif. Beberapa diantaranya seperti Pretty Boys, film populer bioskop perjalanan dua sahabat komedian Indonesia Vincent & Desta, kemudian Help is One The Way, film dokumenter karya Ismail Fahmi Lubis, dan Ratu Ilmu Hitam, film horor populer bioskop di akhir 2019, ditulis oleh Joko Anwar.

Selama festival berjalan, setiap minggu penonton serta penggemar film dan serial Indonesia dapat mengakses berbagai konten lokal menarik yang sudah dikurasi berdasarkan beberapa tema mingguan. Jadwal festival, daftar film lengkap setiap minggu serta cara membeli akses GoPlay dapat dilihat di website www.goplay.co.id/ffso 

Apresiasi disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia Wishnutama Kusubandio. Beliau mengatakan “Walaupun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak oleh pandemi COVID-19, kami yakin sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif justru akan rebound setelah pandemi berakhir. Untuk itulah kita tetap harus mempersiapkan diri. Disini kami mengapresiasi inisiatif Festival Film dan Serial Online di GoPlay dalam menggerakkan industri perfilman agar tidak padam dan lebih kuat dari sebelumnya. Melalui #FilmIndonesiaUntukIndonesia, masyarakat dapat mengapresiasi sekaligus dapat membantu pekerja film dengan menonton film dan serial berkualitas hasil kreasi anak bangsa selama di rumah.”

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Dewi Umaya turut menyampaikan apresiasi atas inisiatif GoPlay bersama industri film tanah air “Festival memiliki makna mendalam bagi industri film dan seluruh pekerja di dalamnya, hal itulah kenapa kolaborasi kami bersama GoPlay di Festival Film dan Serial Online di GoPlay menjadi jauh lebih penting selama masa pandemi ini. Kami akan terus berupaya mengajak seluruh insan perfilman tanah air untuk berpartisipasi dalam kampanye #FilmIndonesiaUntukIndonesia agar masyarakat sama-sama dapat terlibat membantu pekerja film dengan menonton dan mengapresiasi film tanah air. Hadirnya Festival Film dan Serial Online di GoPlay ini harapannya akan dapat mendukung film tanah air bangkit lebih baik, dan tak kalah dengan Festival Film Indonesia.”

Festival Film dan Serial Online di GoPlay melengkapi berbagai inisiatif #dirumahaja dari GoPlay memudahkan pengguna setia yang mencari rekomendasi berbagai film dan serial lokal berkualitas. Selama bulan pertama festival berjalan, tepatnya 13 - 31 Mei 2020, pengguna setia mendapatkan potongan harga 50% untuk pembelian akses GoPlay, dimana pengguna cukup membayar Rp 45.000 untuk akses selama 1 bulan dan Rp 29.000 untuk akses selama 2 minggu.

“Inisiatif ini tidak terbangun dalam semalam, tetapi diwujudkan dalam bentuk berbagai misi GoPlay bagi industri film tanah air sejak awal. Diantaranya bekerja sama dengan sineas berbakat dan rumah produksi tanah air berbakat, termasuk juga komitmen kami memberikan konten-konten lokal terbaik kepada pengguna. Dalam menjalankan misi mengumpulkan katalog terbesar bagi film dan serial Indonesia, kedepan GoPlay akan secara regular memproduksi konten Indonesia terbaru dan eksklusif sekaligus mendukung industri film lokal melalui GoPlay Original dan inisiatif lainnya,” tutup Edy.

((ril/don)

Berita Terkait

Baca Juga