Ian Holm, Aktor Senior 'The Lord of The Ring' Meninggal Dunia

Ian Holm Aktor Senior The Lord of The Ring Meninggal Dunia Mendiang Ian Holm

Covesia.com - Aktor senior asal Inggris Ian Holm, yang terkenal karena perannya dalam trilogi "The Lord of the Rings" dan "Alien", meninggal dalam usia 88 tahun pada Jumat (19/6) waktu setempat.

Mendiang Ian Holm penerima nominasi Oscar untuk penampilannya dalam film "Chariots of Fire", meninggal karena penyakit parkinson.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa aktor Sir Ian Holm CBE meninggal pagi ini pada usia 88," agennya mengatakan kepada surat kabar The Guardian pada Sabtu (20/6/2020).

"Holm meninggal dengan tenang di rumah sakit, bersama keluarga dan pengasuhnya. Dia adalah sosok yang tampan, baik hati, dan sangat berbakat, kami akan sangat merindukannya," tulis pernyataan itu.

Holm memulai karirnya di atas panggung teater sebagai bagian dari Royal Shakespeare Company dan memperoleh perhatian internasional ketika ia berperan sebagai android bernama Ash dalam film "Alien" yang tayang pada 1979.

Perannya sebagai pelatih atletik dalam "Chariots of Fire" membuatnya berhasil meraih penghargaan British Academy film award (Bafta) dan penghargaan Oscar untuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik.

Holm juga memerankan tokoh Bilbo Baggins dalam dua film "The Lord of the Rings", peran yang juga dia mainkan dalam seri film "The Hobbit".

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga