Hendak ke Mentawai, Seorang Pekerja Tour Travel di Agam Dinyatakan Positif Covid-19

Hendak ke Mentawai Seorang Pekerja Tour Travel di Agam Dinyatakan Positif Covid19 Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Sempat mereda, satu warga Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali dinyatakan positif tertular Virus Corona (Covid-19).

Juri Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam, Khasman Zaini membenarkan hal tersebut, informasi yang diterima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam, pasien berinisial HAZ warga Jorong Padang Lua I, Nagari Padang Lua, kecamatan Banuhampu.

Ia dinyatakan positif setelah hasil tes laboratorium Unand Padang diumumkan, Minggu (12/7/2020) pagi.

"Pasien ini Berstatus OTG, ia sehari-hari bekerja di salah satu perusahaan travel haji dan umrah di Agam," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Dijelaskan Khasman Zaini, HAZ menjalani rapid tes saat akan pergi ke kabupaten Kepulauan Mentawai, saat diperiksa hasilnya menunjukkan gejala dan pihak medis di Pelabuhan Bungus langsung membawanya RS khusus Covid-19 di Padang Besi untuk dites swab. "Ternyata hasinya positif dan HAZ lansung menjalani isolasi dan perawatan disana," jelasnya.

Saat ini GTP2 Covid-19 Agam, tengah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi penyebaran dengan melakukan proses tracking dan tracing karena pasien berstatus OTG dan memiliki riwayat perjalanan yang cukup panjang, jadi diperkirakan proses akan memakan waktu yang cukup panjang.

"Pasien ini termasuk aktif dan bergaul dengan masyarakat jadi kita perkirakan jumlah warga yang bersentuhan langsung dengannya cukup banyak," tutupnya.

(jhn/nod)

Berita Terkait

Baca Juga