Punya Hobi Baru, Wakil Wali Kota Pariaman Bentuk Komunitas ''Kuretangin''

Punya Hobi Baru Wakil Wali Kota Pariaman Bentuk Komunitas Kuretangin Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin bersama KKBP.

Covesia.com - Olahraga bersepeda tampaknya sudah menjadi tren positif di tengah pandemi Covid-19, khususnya di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Selain membuat tubuh sehat, olahraga sepeda ini juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kejenuhan dari lamanya berada di rumah selama pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir.

Hal tersebut membuat semua kalangan menggemari hobi itu, tidak terkecuali Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin. 

Sebab, di tengah kesibukannya sebagai Wakil Walikota Pariaman, Mardison yang juga menjabat Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Pariaman, saat waktu liburnya dimanfaatkan untuk berolahraga sepeda bersama istri dan anak-anaknya.

Jadi, karena hobi barunya tersebut, Mardison punya inisiatif untuk membentuk sebuah komunitas bersepeda yang ia beri nama Komunitas Kuretangin Balega Piaman (KKBP). 

Kuretangin adalah nama lain sepeda dalam bahasa Pariaman, sedangkan Balega yaitu suatu istilah dari bahasa Minangkabau yang bermakna ganda bisa diartikan jalan-jalan dan bisa pula diartikan sebuah keputusan yang sangat demokratis melalui musyawarah mufakat, baik dipakai dalam adat maupun kehidupan sosial budaya. 

Sementara kata Piaman adalah dua wilayah yang terpisah secara administratif Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki adat dan budaya yang sama.

"Komunitas ini ada sejak dimulainya new normal di tengah pandemi Covid-19 pada Mei 2020 kemarin," sebut Mardison pada Sabtu (18/7/2020).

Lanjut Mardison, sebab kebiasaan bersepeda ini sudah menjadi hobi bagi semua kalangan.

"Selain itu, sangatlah rugi rasanya jika tidak bisa menikmati keindahan alam Pariaman secara keseluruhan, ya salah satu cara menikmatinya sambil bersepeda," ungkapnya. 

Dikatakan Mardison, komunitas itu dibentuk selain bertujuan untuk membuat tubuh menjadi sehat, diharapkan komunitas ini juga dapat menjadi wadah menjalin silaturahmi atau kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat.

Mardison mengungkapkan, bahwa telah banyak kegiatan yang dilakukan selama komunitas itu berdiri, salah satunya seperti kegiatan sosial yaitu ikut gotong royong bersama masyarakat, kepedulian terhadap saudara-saudara yang membutuhkan bantuan, dan menjadi wadah diskusi demi kemajuan Kota Pariaman. 

"Komunitas KKBP ini terbuka untuk umum, silahkan jika ingin bergabung ke sini, karena tujuan komunitas ini untuk mengumpulkan berbagai kalangan agar bisa hidup sehat dengan cara olahraga bersepeda," ucapnya.

"Insya Allah, dalam waktu dekat kami akan membentuk pengurus sekaligus meresmikan KKBP ini," ujarnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga