Wisuda 1.202 Lulusan, UNES Siap jadi Perguruan Tinggi Berbasis Riset

Wisuda 1202 Lulusan UNES Siap jadi Perguruan Tinggi Berbasis Riset

Covesia.com -  Universitas Ekasakti - Akademi Akuntansi Indonesia (Unes-AAI) mewisuda 1.202 lulusan dari berbagai jenjang, Senin (21/10/2019) di Auditorium Universitas Negeri Padang.

Rektor Unes Otong Rosadi mengimbau semua lulusan Unes dalam prosesi wisuda yang ke-52 itu dapat menunjukkan integritas di tengah masyarakat. "Mari jaga nama baik almamater dan berlakulah jujur mulai dari pikiran dan perbuatan," ungkapnya.

Ia juga menyarankan para lulusan untuk berlaku santun dan menjaga marwah universitas. "Dalam menolak, kita harus santun pun dengan marah, marah dengan santun caranya dengan diam," ungkapnya.

Otong mengungkapkan bahwa ke depannya Unes akan bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang berbasis riset dan kewirausahaan, sehingga pada 2030 mendatang bisa menjadi perguruan tinggi yang unggul.

Menurutnya, selama satu tahun belakangan, Unes sudah banyak melakukan perubahan untuk menjadikan kampus tersebut terdepan dalam berbagai bidang.

"Salah satunya menjadikan mata kuliah kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib semenjak 2018, itu sebagai bukti keseriusan untuk menjadikan perguruan tinggi berbasis kewirausahaan," ujarnya.

Tak hanya itu, Unes juga terus menggencarkan kerjasama dan kemitraan, tidak hanya dengan perguruan tinggi di dalam negri, pemerintah, pemilik industri, tapi juga perguruan tinggi di luar negeri.


Sementara itu, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) Henry Mappesona mengungkapkan wisuda adalah batas halaman pertama sebagai alumnus yang kiprahnya dinantikan masyarakat. 

"Gelar sarjana bukan segalanya. Perjalanan panjang dimulai hari ini. Fokuskan diri untuk menjadi pemimpin, setidaknya untuk diri sendiri," ujar Hendry kepada wisudawan.

Hendry juga mengimbau kepada mahasiswa yang diwisuda untuk keluar dari zona nyaman dan bisa menciptakan lapangan kerja, sehingga bisa membantu masyarakat.

"Keluarlah dari zona nyaman dan cetaklah sawah di dalam kepalamu. Tunjukkan integritasmu.

 Ketika lulus, bekerjalah dengan tekun, jangan cepat puas," harapnya.

Kontributor: Laila Marni

Komentar