Gunakan Tagline Ilmu dalam Genggaman, Unes AAI Siapkan Kelas Digital

Gunakan Tagline Ilmu dalam Genggaman Unes AAI Siapkan Kelas Digital

Covesia.com - Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia, Unes-AAI mempersiapkan kelas digital untuk mahasiswanya di masa pandemi Covid-19 ini. 

"Pandemi Covid-19 memaksa kita harus berubah. 

Diantaranya mengubah model pembelajaran. Meski idealnya belajar itu mengharuskan tatap muka, apalagi saat kita berkiblat pada taksonomi Bloom yang menghendaki pola ajar yang mengharuskan ada transfer skill dan nilai perilaku selain alih pengetahuan dan teknologi. Namun kita harus tetap bergerak di masa pandemi," ungkap Rektor UNES - AAI, Otong Rosadi saat pers konferen melalui aplikasi zoom, Rabu (19/8/2020) lalu.

Dikatakan Otong, Maret hingga Agustus ini, Unes-AAI menjalankan kuliah, KKN, bimbingan, ujian menggunakan "online". Tak ada kuliah di kelas, tak ada tatap muka saat bimbingan, KKN untuk 1.233 orang juga menggunakan cara online (KKN Di Rumah masing-masing).

"Sejak Maret kita kuliah di rumah dengan memberi kebebasan penggunaan banyak media, April akhir, kuliah kita menggunakan Kelas Digital yang disiapkan oleh Tim IT hanya 20 hari. Hingga akhir Semester Genap 2019-2020 kita jalani kebiasaan baru ini. Dengan satu dua masalah yang menyertainya,"jelasnya. 

Namun demikian, semenjak Juni 2020, Tim IT UNES-AAI di bawah supervisi Ketua Yayasan dan Tim Kerjanya di Jakarta,  menyiapkan Platform Kelas Digital Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia, yang baru. 

"Ikhtiar ini dilakukan agar metode Pembelajaran menjadi lebih sederhana (simpel), fleksibel dan mandiri," ujarnya. 

Lebih lanjut, Otong menjelaskan caran menyiapkan platform kelas digital yang memungkinkan dosen dan mahasiswa melakukan proses belajar, pembimbingan, hingga pendokumentasian seluruh aktivitas Tri Dharma.

"Penggunaan Smartphone dan aplikasi sederhana ini juga tidak menyedot kuota terlalu banyak. Karenanya Platform ini, mempunyai," ujarnya. 

Tak hanya itu, ia juga mengatakan hadirnya Platform ini merupakan solusi bagi orang tua dan calon mahasiswa agar tetap kulaih di masa sulit (Pandemi Covid 19).

"Unes-AAI siap menyambut mahasiswa baru dengan cara baru, model pembelajaran baru. Anytime, Anywhere With Us, Everyone can Study," ujarnya 

Dengan tagline Ilmu dalam Genggangam, Unes-AAI siap menerima mahasiswa baru. Sedangkan untuk mata kuliah praktek mahasiswa masih bisa berkunjung ke Laboratorium dengan menggunakan protokol kesehatan. "Kampus sudah memisahkan gedung perkuliahan dan gedung husus untuk lab," imbuhnya.

(ila)

Komentar