KWAK: Oknum Polisi Pukul Wartawan Ditindak Secara Hukum

Covesia.com – Tindak kekerasan yang dilakukan oknum kepolisian kepada jurnalis saat melakukan tugas jurnalistik, kembali terjadi. Oknum kepolisian di Riau diduga sengaja melakukan tindak kekerasan terhadap jurnalis Riauonline atas nama Zuhri Febrianto, saat meliputan kegiatan kongres HMI di GOR Remaja, Riau Sabtu lalu. Zuhri mendapat perlakuan kekerasan dari oknum kepolisian setempat, sesaat setelah mengambil gambar bentrokan antara mahasiswa HMI dengan aparat kepolisian. Meskipun telah menunjukkan identitas jurnalis, Zuhri tetap mendapat perlakukan kasar oknum polisi yang menghujaninya dengan pukulan di bagian tubuh dan kepala. Akibatnya, Zuhri mengalami luka di bagian kepala.

Tindakan itupun mendapat reaksi keras dari jurnalis di seluruh indonesia, salah satunya di Sumatra barat. Mengecam tindakan kekerasan oknum polisi tersebut, Jurnalis di Kota Padang yang tergabung dalam Koalisi Wartawan Anti Kekerasan (KWAK) menggelar aksi solidaritas di gedung Mapolda Sumbar, Senin (7/12). KWAK menilai tindakan oknum kepolisian itu, jelas-jelas menalanggar Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Kebebasan Pers. KWAK pun menuntut Kapolda Sumbar untuk mendukung penuh upaya pengusutan tindakan brutal aparat kepolisian tersebut.

Tak hanya itu, di hadapan Wakapolda Sumbar, KWAK menyampaikan sedikitnya empat tuntutan antara lain, mendesak Kapolri untuk segera melakukan evaluasi terhadap proses pendidikan kepolisian. Kapolri atau Kapolda harus memproses anggota kepolisian yang menjadi pelaku tindak pidana terhadap wartawan Tribun Timur, Koran Sindo di Sulawesi Selatan serta pelaku pemulukan terhadap wartawan riauonline melalui peradilan umum. KWAK juga mendesak Kapolri untuk menjerat pelaku tindak pidana menggunakan pasal 18 ayat (1) UU Pers dan Pasal 351 ayat (1) jo pasal 170 KUHP, serta pemberlakuan sanksi administrasi dan sanksi disiplin, karena telah melakukan tindakan sewenang-wenang di luar perintah Undang-undang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password