Rabaa Safa Ritual Tolak Bala Kampung Air Manis

Covesia.com – Dalam rangka memperingati berakhirnya bulan safar pada kalender Arab, warga Kampung Bukit Air Manis dan kampung sekitarnya di Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar ritual raba-a safar, yang merupakan suatu ritual penolak bala.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan bagi warga yang berada di kampung tersebut. Awal kegiatan raba-a safa ini diawali dengan kegiatan ratik jalan, yaitu berjalan dari satu masjid ke masjid lainnya, yang berada pada Kampung Bukit Air Manis dan Kampung Pantai Air Manis, sembari mengumandangkan kalimat Allah.

Pada hari puncak, mereka berkumpul dengan berbagai ritual, seperti mengumandangkan kalimatullah, berdoa dan ditutup dengan makan bersama. Dari rangkaian ritual lainnya, ratusan warga berebut air yang diletakkan di atas perahu kecil. Air tersebut dianggap membawa berkah. Mereka percaya, dengan mandi dan meminum air yang telah di doakan oleh para ulama setempat, bermanfaat untuk menolak bala pada kampung dan berkasiat bagi badan mereka.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password