Tradisi Arak Kio Puncak Perayaan Cap Go Meh 2567

Covesia.com – Ribuan warga Etnis Tionghoa di Kelurahan Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, tumpah ruah ke jalanan di kawasan itu dalam peringatan hari puncak perayaan tahun baru China, Cap Go Meh 2567. Puncak perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 15 dalam perhitungan kalender China kali ini, menjadi sangat spesial bagi warga Etnis Tionghoa di Padang.

Pasalnya, dalam perayaan Cap Go Meh di tahun monyet api ini, cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, dilaksanakan prosesi Arak Kio secara bersama-sama oleh seluruh perhimpunan keluarga Etnis Tionghoa di Padang.

Perayaan yang telah turun-temurun sejak 200 tahun lalu ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pesta lampion, arak-arakkan Kio (patung dewa) dan lainnya. Itu adalah ungkapan kegembiraan dan kebahagiaan dalam menyambut tahun yang baru.

Arak Kio, atau dalam istilah disebut sebagai arak-arakan kendaraan dewa dan arwah leluhur warga Etnis Tionghoa, merupakan suatu ritual untuk menolak bala, agar setiap tahun baru, kehidupan warga etnis ini semakin lebih baik. Suasana perayaan juga semakin meriah, karena seluruh sanak keluarga mereka dari perantauan, ikut hadir dalam prosesi tersebut.

Baru pertama kalinya, prosesi Arak Kio oleh warga Etnis Tionghoa di Padang, diikuti secara bersama oleh seluruh perhimpunan, diantaranya kio dari himpunan Hok Tek Tong, Marga Lee dan Kwee serta marga Tjoa dan Kwaa.

Kio dipikul oleh beberapa lelaki, lalu diarak keliling kawasan kota tua menyusuri jalan batang arau dan singgah di bererapa kuil yang ada di kawasan itu. Selayaknya memiluk beban berat, para pemikul kio, berjalan hingga terhuyung-huyung, seolah-olah kendaran dewa dan para leluhur tersebut berguncang dalam perjalanannya. Atraksi barongsai dan tarian naga turut memeriahkan prosesi tersebut.

Prosesi tahunan etnis thiong hoa ini, cukup menarik permatian masyarakat di Padang. Prosesi ini juga mejadi salah satu objek wisata budaya yang ada di kota itu. Jika anda penasaran ingin melihat langsung bagaimana kemeriahannya, berkunjunglah ke kawasan pondok, pada puncak perayaan tahun baru china, tepatnya di hari ke-15 setelah perayaan imlek.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password