Siswa Sekolah Alam Buat Alat Sederhana Pengamatan GMT

Covesia.com – Gegap gempita menyambut peristiwa Gerhana Matahari Total 9 Maret mendatang telah menyebar kepada masyarakat di seluruh kawasan Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk dapat mengamati peristiwa alam ini. Setiap orang tidak ingin ketinggalan moment di saat cahaya matahari akan tertutup oleh bulan secara total. Salah satu contohnya para murid-murid ini.

Para murid di Sekolah Alam Minangkabau, Kota Padang, Sumatera Barat, membuat alat pengamat sederhana untuk memantau proses terjadinya gerhana matahari total. Alat sederhana yang dibuat dari barang bekas tersebut bernama Pinhole camera atau kamera lubang jarum. Alat sederhana ini sebenarnya telah banyak diaplikasikan dalam teknik fotografi.

Namun kali ini, fungsi dari alat ini adalah sebagai laternatif bagi kita, jika tidak memiliki kacamata khusus untuk mengamati proses gerhana matahari secara langsung. Sistem kerja pinhole camera ini adalah membentuk proyeksi cahaya matahari dari lubang kecil yang dibuat pada potongan plat minuman kaleng. Plat yang telah dilubangi, ditempel pada kotak kardus bekas. Sementara, proyeksi cahaya matahari yang masuk dari lubang jarum akan jatuh pada satu bidang. Kali ini bidang yang digunakan adalah lembaran kertas putih.

Selain sebagai alternatif untuk mengamati proses gerhana matahari total, pembuatan dan penggunaan alat sederhana itu difungsikan sebagai sarana belajar bagi siswa di sekolah alam tersebut.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password