Amati Gerhana Matahari Melalui Pinhole

Covesia.com – Fenomena alam, Gerhana Matahari Rabu (9/3) pagi, tidak dilewatkan oleh para murid di sekolah Alam Minangkabau Sumatera Barat. Selain menggelar shalat gerhana di sekolah, para murid juga ikut menyaksikan fenomena langka itu di halaman sekolah mereka.

Para murid, guru dan orang tua sangat antusias menyaksikan fenomena langka tersebut. Sejak pukul 06.00 WIB, mereka sudah berkumpul di sekolah, agar dapat mempersiapkan semua keperluan untuk dapat mengamati gerhana matahari.

Selain mengamati gerhana menggunakan kacamata khusus, para murid ini juga telah mempersiapkan alat alternatif untuk mengamati gerhana tanpa melihat secara langsung.

Mereka telah mempersiapkan alat yang dibuat dari kardus bekas. Alat ini disebut pinhole. Melalui alat ini, para murid, orang tuadan guru dapat mengamati proses gerhana melalui refleksi cahaya yang masuk dari lubang kecil di bagian puncak alat, lalu diteruskan ke bidang proyeksi berupa kertas putih.

Kesempatan untuk dapat menyaksikan gerhana matahari ini menjadi pengalaman spesial bagi para murid, guru dan orang tua. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari materi ajar bagi murid, selain dari teori tentang ilmu astronomi yang telah diajarkan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password