Wisuda Ke-75, ITP Padang Lahirkan 266 Wisudawan

Wisuda Ke75 ITP Padang Lahirkan 266 Wisudawan Prosesi wisuda ITP padang yang ke 75, Sabtu (27/11/2021)

Covesia.com - Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar wisuda ke-75 pada Sabtu (27/11/2021) siang. Wisuda yang digelar disalah satu hotel di Kota Padang itu melahir sebanyak 266 wisudawan.

Dari ke 266 wisudawan itu, 222 merupakan progran sarjana (S1) dan 44 wisudawan merupakan program studi ahli madya (D3).

Wisuda yang digelar secara langsung ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Rektor ITP Padang, Dr. Ir. Hendri Nofrianto.MT dalam kata sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan ke 75 ini.

"Selamat kepada seluruh wisudawan atas kebeehasilannya saudara menyelesaikan studi. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, kami turut bahagia dan bersyukur atas keberhasilan menyelesaikan studi mereka," ucap Hendri Nofrianto.

Rektor mengatakan biasanya wisuda digelar di Kampus ITP, kerena masih dalam kondisi pandemi wisudah dilangsungkan di hotel.

"Sudah dua kali ni kedua kali prosesi wisuda ITP dilaksanakan di hotel, karena kondisi yang memaksa guna menhindari penularan Covid-19. Mudah-mudahan untuk yang akan datang dapat kembali digelar di Kampus," sambung Rektor.

Hendri Nofriandi mengatakan, dalam waktu dekat ITP juga bakal memiliki kampus 2, yakni di kawasan by pass Air Pacah.

 ITP Menang Hibah Hingga Rp 3 Miliar


Pada kesempatan yang sama, Rektor juga menyampaikan prestasi ITP yang berhasil mendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center Of Excellence Merdeka Belajar kampus Merdeka (CoE MBKM), dan menjadi salah satu perguruan tinggi pendamping SMK Pusat Keunggulan (SMK – PK).

Diketahui ITP pada tahun ini menerima hibah PKKM sebesar Rp.2,3 Miliar, Rp.160 juta dari hibah CoE, Rp.50 juta dari hibah SMK-PK dan bantuan alat senilai Rp.500 juta pada hibah P3TP. Yang jika ditotal mencapai lebih dari Rp.3 Miliar.

“Alhamdulillah ITP satu satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Barat yang mendapatkan  Hibah PKKM, dan ini telah sama-sam kita rasakan manfaatnya antara lain program magang mahasiswa di perusahaan yang ada di Indonesia, wokshop metoda pembelajaran khusunya model pembelajaran PjBL dan Case Study yang secara nyata mengajak Dosen dan Mahasiswa untuk lebih interaktif dengan pelaksanaannya pembelajaran berpusat pada mahasiswa,” ungkap Rektor.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd 

“Melihat perkembangan prestasi akademik lulusan setiap periode wisuda terdapat, peningkatan yang signifikan, baik segi IPK dengan predikat “Sangat Memuaskan” dan “Dengan Pujian” semakin meningkat, demikian pula  masa studi mahasiswa yang bisa menamatkan “Tepat Waktu” semakin meningkat,” kata Zulfa saat memberikan sambutan.

Menurutnya, hal ini terjadi karena didukung oleh selalu ditingkatkannya kualitas proses pembelajaran, proses pelayanan akademik serta kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran; dan yang tidak kalah pentingnya adalah semakin baiknya kualitas dosen.

Disamping itu, pemberian beasiswa yang semakin meningkat dari berbagai sumber juga sangat mempengaruhi meningkatnya kualitas dan kuantitas prestasi akademik mahasiswa serta percepatan masa studi.

“Pada tahun akademik 2020/2021 jumlah penerima beasiswa sebanyak 544 orang dari 2142 orang mahasiswa (25,59 %) yang berasal dari Bidik Misi/KIP 278 mhs, Beasiswa Yayasan Pendidikan Teknologi  Padang 120 mhs, BAZNAS melalui Bazda Kota Padang 55 mhs, Beasiswa PPA 41 mhs,dan beasiswa dari Bank Nagari 50 mhs   dengan total dana sebesar Rp. 2.004.350.000,- (dua  milyar empat juta ribu tiga ratus lima puluh ribu rupiah),” jelasnya.

Ia menargetkan untuk tahun akademik yang akan datang, jumlah mahasiswa penerima beasiswa meningkat menjadi 30 % dari jumlah mahasiswa terdaftar.

“Diharapkan sumber  beasiswa ini berasal dari Alumni ITP, Perusahaan yang berada dibawah naungan YPTP, Perusahaan/Industri/Pemda yang telah menjalin kerjasama dengan ITP ataupun sumber lainnya,” imbuhnya.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga