IHSG Selasa Dibuka Menguat 5,73 Poin

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa dibuka menguat sebesar 5,73 poin seiring dengan munculnya sentimen positif dari eksternal dan dalam negeri.

IHSG BEI dibuka menguat sebesar 5,73 poin atau 0,12 persen ke posisi 4.971,12. Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 1,44 poin atau 0,17 persen ke posisi 844,98.

“Katalis positif dari eksternal dan internal memberikan dukungan bagi pergerakan IHSG BEI,” kata Head of research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa tingkat ekspor Tiongkok naik 11,6 persen dan impor naik sebanyak 4,6 persen pada Oktober sehingga membuat surplus neraca perdagangannya. Faktor positif lainnya dari eksternal, penguatan bursa-bursa saham AS seiring dengan ekspektasi investor terhadap kinerja perusahaan yang baik dan spekulasi bahwa ekonomi global menglami perbaikan.

Dari dalam negeri, lanjut dia, posisi cadangan devisa Indonesia akhir Oktober 2014 mencapai sekitar 112,0 miliar dolar AS, meningkat dari posisi akhir September 2014 sebesar 111,2 miliar dolar AS menambah sentimen positif di pasar saham domestik.

Meski demikian, menurut dia, faktor internal terkait dengan pasar yang masih menantikan kebijkan pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada bulan ini dapat mempengaruhi laju indeks BEI.

“Bervariasinya sentimen di dalam negeri diperkirakan pergerakan IHSG BEI akanmixednamun dengan peluang menguat,” katanya. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

eight − 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password