Sam Allardyce Gantikan Slaven Bilic Tukangi West Brom Albion

Covesia.com – West Bromwich Albion hari ini resmi mengumumkan penunjukan Sam Allardyce sebagai pelatih baru mereka, pelatih yang punya label spesialis membawa tim-tim menghindari ancaman degradasi di pentas Liga Inggris.

Penunjukan ‘Big Sam’ sapaan akrab Sam Allardyce tidak sampai sehari setelah West Brom mengumumkan pemecatan Slaven Bilic, pelatih yang sejatinya sukses mengantarkan mereka promosi dari Divisi Championship ke Liga Inggris musim ini.

“Dalam diri Sam, kami punya sosok yang terbukti di Liga Inggris. Rekam jejaknya meningkatkan performa setiap klub yang ia tangani juga sudah terbukti,” kata Direktur Olahraga dan Teknis West Brom, Luke Dowling, dikutip dari laman resmi klub.

“Kami percaya, dan yang terpenting, Sam yakin tim ini punya pemain yang dengan kualitas untuk membesarkan peluang bertahan di Liga Inggris,” ujarnya menambahkan.

West Brom bakal menjadi klub ke-12 yang ditangani Allardyce sepanjang hampir tiga dasawarsa karier kepelatihannya.

Sepanjang kariernya, pelatih berusia 66 tahun itu memang punya rekam jejak positif menghindarkan tim-tim yang terancam degradasi dari Liga Inggris.

Pada 2002 dan 2003, Allardyce menangani Bolton yang tampak terseok-seok dan terancam degradasi, tetapi selalu selamat di dua musim tersebut.

Pada Desember 2008, Allardyce menerima pekerjaan menangani Blackburn Rovers yang berada di urutan ke-19 klasemen Liga Inggris, namun akhirnya berhasil menyelamatkan klub itu dari ancaman degradasi ketika finis di peringkat ke-15 pada akhir kampanye 2008/2009.

Lantas pada Oktober 2015, Big Sam ditunjuk menangani Sundeland yang berada di urutan ke-19 klasemen, sebelum menyelamatkan tim itu dengan kemenangan di pengujung musim 2015/2016. The Black Cats akhirnya finis di urutan ke-17.

Kisah kesuksesan serupa juga dimiliki Allardyce ketika dipercaya membawahi Crystal Palace pada Desember 2016, dan memastikan keselamatan The Eagles dari ancaman degradasi dengan kemenangan lain di pengujung musim 2016/2017 untuk finis di urutan ke-14.

West Brom sendiri tentu berharap tuah serupa bisa mereka rasakan setelah mengikat Allardyce dengan kontrak berdurasi 18 bulan ke depan.

The Baggies saat ini berada di urutan ke-19 klasemen sementara Liga Inggris 2020/2021 dengan koleksi 7 poin, dengan baru sekali meraih kemenangan dari 13 pertandingan yang telah dijalani.

(suara.com)

0 Comments

Leave a Comment

eleven + fifteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password