Akhir 2014, Pembebasan Lahan Jalur Railbus Padang-BIM Selesai

Padang – Pembebasan lahan untuk pembangunan jalur kereta api (railbus) yang menghubungkan Kota Padang dengan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat ditargetkan selesai pada 2014.

“Masih ada lahan yang harus dibebaskan yakni sepanjang 4,2 kilometer, ditargetkan tahun ini semuanya bisa diselesaikan,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumbar, Amran di Padang, Selasa (11/11/2014).

Ia menyebutkan, sampai saat ini lahan yang sudah dibebaskan tersebut baru sekitar 75 persen, sementara sisanya terdapat di Kabupaten Padangpariaman. Sejauh ini pihaknya telah melakukan pendataan serta menerima keluhan masyarakat terkait dengan harga ganti rugi yang diajukan pemilik lahan itu.

“Masyarakat masih bersikeras karena merasa harga tidak cocok. Di sisi lain, pemerintah juga berhati-hati agar harga yang disepakati tidak merugikan anggaran negara. Kami juga tidak bisa memaksa masyarakat karena khawatir menjadi masalah,” kata Amran.

Meski demikian, kata Amran, proses pendekatan dan sosialisasi terhadap pemilik tanah terus dilakukan. Diharapkan, target untuk menyelesaikan jalur tersebut, yakni pada akhir 2014, bisa dipenuhi.

Ia menambahkan, pemerintah sendiri telah melakukan kajian terhadap ganti rugi lahan tersebut, selanjutnya akan menetapkan harga yang cocok dengan pembebasan lahan itu. “Jika nanti tidak tercapai kesepakatan, penyelesaiannya akan melalui jalur pengadilan,” katanya.

Amran mengharapkan seluruh pembebasan lahan itu penyelesaiannya dapat berjalan dengan baik dengan cara musyawarah dan kedua belah pihak tidak dirugikan.

Total pengerjaan jalur railbus yang menghubungkan Kota Padang dengan BIM yang terletak di Kabupaten Padangpariaman yakni sepanjang 25 kilometer. Proyek senilai Rp 126 miliar ini adalah jalur kereta api bandara kedua setelah jalur KA Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. (ant/bim)

0 Comments

Leave a Comment

nine + eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password