Potensi Jeruk Nipis Tiban, Dilirik Kementrian KUKM

Batam – Program satu desa satu produk yang digawangi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terus dilaksanakan dibeberapa daerah potensial.

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, Salah satu produk itu adalah jeruk nipis.Sementara itu lokasi pengembangan itu terletak di Kelurahan Tiban,Kota Batam,Provinsi Kepulauan Riau.

“Dalam waktu dekat, kami akan kembangkan jeruk nipis dulu di Tiban Kampung, Kecamatan Sekupang,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kecil, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pemerintah Kota Batam, Pebrialin, di Batam, Selasa (11/10/2014).

Ia mengatakan perkebunan jeruk nipis di daerah Tiban Kampung amat berpotensi dikembangkan dalam program satu desa satu produk. Apalagi kebun jeruk nipis sudah lama digarap warga sekitar perkampungan itu.

Dikatakan juga,program satu desa satu produk merupakan program Kementerian KUKM untuk mengembangkan potensi daerah melalui koperasi yang dibangun oleh masyarakat sendiri dengan dukungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Pebrialin berharap hasil kebun jeruk nipis Tiban Kampung dapat diolah menjadi minuman kemasan, atau produk unggulan lainnya.

Jeruk nipis di Tiban Kampung juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Tiban dan sekitarnya.

Kementerian juga akan menyalurkan dana pembinaan kepada koperasi satu desa satu produk itu sebesar Rp100 juta,pungkasnya.(ant/jmb)

0 Comments

Leave a Comment

17 − eight =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password