Tak Mempan Dibius, Harimau Lepas di Singkawang Terpaksa Ditembak Mati saat Penangkapan

Covesia.com – Seekor harimau di Singkawang, Kalimantan Barat, terpaksa dilumpuhkan dengan peluru tajam saat proses penangkapan. Dua harimau lepas dari Sinka Zoo, Singkawang akibat hujan deras telah menyebabkan longsor di kawasan kandang hewan buas tersebut pada Jumat sore (5/2). 

Sementara, dalam proses penangkapan, satu diantaranya terpaksa dilumpuhkan, karena tak mempan dengan tembakan bius.

“Tim kami telah turun ke lapangan untuk melakukan penangkapan harimau. Tim yang kita turunkan di lengkapi dengan senjata bius dan didukung oleh aparat TNI dan Polri, ” Kepala BKSDA Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta di Singkawang, Sabtu (6/2/2021).

Proses pelumpuhan satwa tersebut terpaksa dilakukan dengan tembakan peluru tajam, karena dikhawatirkan mengancam keselamatan petugas. 

“Terpaksa dilumpuhkan dengan peluru tajam karena saat akan dilumpuhkan harimau itu akan menyerang petugas dan dikhawatirkan membahayakan nyawa petugas dan masyarakat, mengingat insting pemburunya sudah kembali,” tuturnya.

Pihak BKSDA setempat semaksimal mungkin mengupayakan baik keselamatan harimau maupun anggota serta masyarakat.

“Namun, kita tetap mengutamakan keselamatan jiwa manusia, itu yang nomor satu. Dan sekarang masih belum selesai. Satu ekor sudah berhasil dilumpuhkan, tinggal satu ekor harimau lagi,” katanya.

Seekor harimau yang belum tertangkap, kata Sadtata, masih berada di kawasan Sinka Zoo. 

“Tim kami sampai saat ini masih bersiaga di lapangan untuk menunggu dan mencari keberadaannya. Mudah-mudahan satwanya masih bisa diselamatkan,” katanya. (Ant)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password