Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Salah satu dampak yang terasa betul dari pandemi Covid-19 adalah semua hal berjalan secara online. Mulai dari bekerja, sekolah bahkan berbisnis, berpindah ke ranah internet. Kondisi yang mengubah gaya hidup ini menjadikan jualan di dunia maya makin digandrungi. Namun tentunya agar berhasil, ada beberapa hal yang wajib dipelajari sebelum bisnis online.

5 Persiapan Sebelum Bisnis Online yang Wajib Dilakukan

Kalau menurut Anda saat berbisnis online hanyalah memindahkan cara berjualan di internet semata, maka itu salah besar. Ketika Anda memutuskan berbisnis online, persiapan wajib dilakukan dengan semaksimal mungkin supaya bisa bersaing di dunia maya. Seperti apa? Berikut kami bahas satu-persatu:

1. Tentukan Produk

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum bisnis online adalah menentukan produk barang atau jasa apa yang bakal dijual. Apakah boleh berjualan produk yang sedang viral? Tidak masalah. Namun Anda harus bisa memastikan produk itu bakal awet. Untuk itu tentukanlah pangsa pasar dan kemampuan yang Anda miliki, supaya bisa mendapat produk yang tepat.

Jika Anda berbakat di bidang kuliner, bisa mencoba berjualan makanan online. Kalau target pasar adalah kelompok perempuan, maka Anda bisa berjualan masakan serba pedas.

2. Rancang Anggaran

Produk sudah ditentukan sekaligus pasarnya, maka hal selanjutnya adalah merancang anggaran. Anggaran terdiri dari modal awal dan barang yang dibutuhkan untuk memproduksi. Anggaran awal sangatlah mempengaruhi perhitungan bisnis ke depannya. Untuk itu lakukan pembukuan secara disiplin dan bertanggung jawab. Pastikan anggaran yang diinginkan sesuai dengan kemampuan modal dan minimalkan meminjam ke pihak lain.

3. Bangun Website

Tahapan berikutnya yang sangat penting sebelum bisnis online adalah membangun website. Yap, bisnis online tak akan bisa berjalan tanpa mempunyai website. Website ini akan menjadi sarana Anda mengenalkan produk, berjualan, memberikan promosi sekaligus berinteraksi dengan konsumen. Untuk itu kelola website secara maksimal dan berkualitas.

4. Tentukan Identitas Bisnis

Seperti yang disebutkan, ada banyak sekali penjual online yang mungkin saja produknya sama. Agar produk Anda berbeda, tentu harus memiliki identitas yang tak biasa. Contohnya Anda jualan masakan pedas, tapi ciri khasnya menggunakan cabai hijau. Identitas bisnis yang khas ini tonjolkan dalam logo, nama hingga tagline bisnis supaya menarik konsumen.

5. Promosi Maksimal

Dan tahapan terakhir yang wajib dipersiapkan sebelum bisnis online adalah merencanakan promosi. Karena secara online, manfaatkan betul website dan media sosial. Anda bisa mulai belajar mengenai SEO, cara membuat konten visual yang menarik hingga mempertimbangkan menggunakan jasa influencer.

Domain dari Niagahoster Agar Bisnis Online Makin Cuan

Dari kelima hal yang sudah dibahas di atas, tak berlebihan kalau website merupakan salah satu persiapan terpenting kalau Anda ingin berbisnis online. Beruntung karena teknologi yang makin berkembang, membuat website kini makin mudah. Anda tinggal memilih platform seperti WordPress atau BlogSpot, kemudian membeli domain dan menyewa hosting.

Namun supaya website bisnis bisa menarik, diperlukan pemilihan domain yang unik. Domain yang unik bisa membuat branding bisnis makin kuat. Karena itulah pemilihan domain saat hendak membangun website tidaklah bisa diremehkan.

Memahami kebutuhan itulah, Niagahoster yang merupakan tempat jual domain terbaik menawarkan domain dengan berbagai macam ekstensi berbeda. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki dan melakukan pengecekan terlebih dulu, sebelum akhirnya mempunyai domain terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena bagi Niagahoster, persiapan sebelum bisnis online tak boleh dilakukan dengan main-main. Jadi, kapan Anda mau membangun website?

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password