Harga Pinang Kering Naik di Kabupaten Agam

Harga Pinang Kering Naik di Kabupaten Agam Ilustrasi (Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Harga jual pinang kering di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kenaikan dalam beberapa pekan terakhir.

Salah seorang Pedagang pengepul pinang kering di Lubuk Basung, Adek Gunawan, mengatakan saat ini satu kilogram pinang kering dibeli seharga Rp16 ribu, harga tersebut meningkat Rp2.000 dari bulan lalu yang hanya Rp14.000.

“Sudah satu bulan terakhir, pinang yang bagus keringnya kami beli dari masyarakat Rp16 ribu satu kilo, sebelumnya hanya Rp14 ribu/kg,” ujarnya, Rabu (3/2/2021).

Menurutnya, harga pinang sangat bergantung kepada permintaan dan ketersedian stok di tingkat agen. Saat ini, permintaan pinang dari luar negeri masih terbilang tinggi sehingga harga beli juga meningkat

Adek mengakui harga pinang saat ini tidak memiliki standar sendiri jika sedang mahal bisa dibeli Rp 20/kg namun jika turun bisa Rp4.000/kg.

Sementara itu salah seorang petani di Nagari Garagahan Upik mengaku memanfaatkan masa kenaikan harga tersebut untuk menjual pinang. Untuk masyarakat setempat biasanya pinang dikumpulkan dan dijual jika harga mahal.

Setiap pinang yang masak biasanya dikumpulkan dulu hal itu bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan sambil menunggu harga mahal.

"Pinang ini bisa disebut tabungan, saat panen kami jemur ada yang sudah dikupas atau masih dengan kulit, saat harga naik baru kita jual, jadi dalam sekali menjual bisa sampai puluhan kilo," tutupnya.

(jhn)


Berita Terkait

Baca Juga