Satgas: Angka Kematian Tenaga Kesehatan Akibat Covid-19 Menurun

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo

Covesia.com – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyebut jumlah kematian tenaga kesehatan dokter, perawat serta tenaga kesehatan lainnya mulai menurun seiring menurunnya kasus aktif di Indonesia.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengatakan, kasus aktif COVID-19 terus meningkat pada Januari 2021, lalu mencapai angka tertingginya pada Februari yakni 176.672 kasus aktif, setelah itu tren menunjukkan penurunan.

“Kalau kasus aktifnya menurun, otomatis pasien yang ada di rumah sakit pun akan berkurang. ketika pasien di rumah sakit berkurang akan terjadi relaksasi sehingga para pejuang-pejuang kesehatan, yaitu dokter dan perawat bisa memiliki waktu yang cukup untuk recovery,” kata Doni, ditulis Senin (15/3/2021).

Angka kematian dokter dan nakes pada Desember mulai meninggi yakni 55 dokter dan 132 nakes, terus meningkat pada Januari dengan kematian 58 dokter dan 167 nakes.

“Kasus aktif yang tinggi, kemudian BOR ICU dan isolasi yang juga tinggi maka dampaknya langsung kepada para tenaga kesehatan dan dokter,” ucapnya.

Sementara, angka kematian dokter dan nakes menurun pada Februari dengan kematian 22 dokter dan 61 nakes.

Dia meminta seluruh dokter dan nakes untuk terus bersiaga sebab pandemi belum bisa diprediksi kapan akan terkendali.

“Kita belum tahu ini sampai kapan akan berakhir. oleh karenanya diperlukan stamina yang kuat, yang tangguh, yang harus kita pertahankan,” tegasnya

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password