Masih Ada 58 Negara yang Terapkan Hukuman Mati

Jakarta- Sebanyak 58 negara di seluruh dunia yang tergabung dalam PBB masih menerapkan pidana hukuman mati kepada pelaku pelanggaran hukum berat di daerah masing-masing, ujar Wakil Direktur Umum dari Departemen Perlindungan Hak Asasi Thailand, Pitikan Sithidej.

“Sekitar 140 negara yang tergabung dalam PBB sudah menghapuskan hukuman mati sebagai upaya perlindungan hak asasi manusia, sedangkan sisanya kurang lebih 58 termasuk Thailand belum menerapkan usaha tersebut,” kata Pitikan Sithidej dalam dialog “Rights to Life and Moratorium of Death Penalty in the ASEAN Region” di Jakarta, Selasa.

Proses hukuman mati yang kejam dan tidak manusiawi juga menjadi pertimbangan untuk penghapusan hukuman mati di negara-negara tertentu.

“Di Thailand hukuman mati umumnya ada tiga yaitu, gantung, tembak, dan suntik, tapi melalui kampanye ini diharapkan bisa menuju penghapusan pidana (hukuman mati),” kata Pitikan.

Menurutnya hak asasi manusia tetap harus dihargai walaupun dia sebagai pelaku kejahatan.

“Saya pernah melihat langsung eksekusi mati seseorang dengan cara ditembak, dan itu sangat mengerikan dan emosional,” tuturnya. (ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen + thirteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password