11 Kecamatan di Pasaman Barat Rawan Bencana

Pasaman Barat – DPRD Pasaman Barat, Sumatera Barat mengingatkan kepada masyarakat Pasaman Barat agar waspada. Pasalnya cuaca dalam seminggu terakhir tidak menentu dan curah hujan semakin tinggi.

11 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat merupakan daerah rawan bencana. Baik bencana banjir, lonsor, dan abrasi pantai.

Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus K ketika ditanyacovesia.com, Selasa (11/11-2014) masyarakat diminta waspada dan siaga terkait dengan perkembangan cuaca.

“Dari 11 kecamatan di Pasaman Barat, mayoritas rawan bencana. Seperti Kecamatan Talamau rawan lonsor dan banjir, Sasak Ranah Pasisie dan Sungai Beremas rawan terjadinya abrasi pantai, begitu juga kecamatan lainnya” ujar Daliyus K.

Kemudian, warga diminta agar melaporkan setiap kejadian bencana alam kepada pemerintah daerah dan DPRD. Sehingga cepat mendapatkan pertolongan dari petugas.

Menurut Daliyus, K, kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial agar selalu siaga dalam memantau siatuasi. Sebab curah hujan dalam seminggu terakhir semakin tinggi.

Seperti bencana meluap air sungai di Aia Maruok Jorong Sigunati, Kecamatan Kinali pada Kamis (6/11) lalu. Mengakibatkan pondasi pelapis tebing Masjid Nurul Amal runtuh, diduga tidak dapat menahan derasnya air hujan yang turun.

Informasi yang diperoleh, dam atau pondasi masjid sepanjang 50 meter, ketinggian 10 meter tersebut baru beberapa minggu selesai dikerjakan. Akibat hujan deras belakangan ini tak sanggup dam menahan genangan air di area masjid. (man/lif)

0 Comments

Leave a Comment

ten + nineteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password