MAKI Praperadilankan Polda Sumbar, Satake: Tak Masalah, Sah-sah Saja!

MAKI Praperadilankan Polda Sumbar Satake Tak Masalah Sahsah Saja Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto. Foto: dok.bid humas

Covesia.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar tidak mempermasalahkan gugatan praperadilan yang diajukan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terhadap Dirreskrimsus ke Pengadilan Negeri Padang. Praperadilan itu terkait penghentian penyidikan dugaan penyalahgunaan wewenang dan dugaan pungutan liar (Pungli) lewat "surat sumbangan" Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, gugatan praperadilan tersebut sah-sah saja dan pihaknya sudah menyediakan tim untuk memberikan keterangan di pengadilan nanti.

"Kita dari kepolian sudah bekerja semaksimal dan seprofesional mungkin. Jika nanti terjadi permasalahan, kita siap memberikan keterangan," ujarnya ketika dihubungi Covesia.com, Selasa (30/11/2021).

Sebelumnya, Ormas Projo (Pro Jokowi) melaporkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah, ke Direktur Kriminal Khusus Polda Sumatera Barat terkait dugaan penyalahgunaan wewenang melalui permintaan sumbangan yang bertandatangan Gubernur Sumbar. Penyelidikan kasus tersebut akhirnya dihentikan Dirreskrimsus Polda Sumbar dengan alasan tidak cukup barang bukti.

Baca juga: MAKI Praperadilankan Polda, Projo: Praktisi Hukum dan LSM Sumbar Harusnya Malu

Menanggapi keputusan penghentian penyelidikan tersebut, Ormas Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mengajukan Gugatan kepada Dirreskrimsus Polda Sumatra Barat ke Pengadilan Negeri Padang.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan, pendaftaran gugatan praperadilan sudah diajukan ke Pengadilan Negeri Padang, Senin (29/11/2021), dan telah diterima Kepanitaraan Muda Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Padang dengan register perkara Nomor : 02/Pid.Prap-TPK/2021/PN.PDG.

"Gugatan kita sudah masuk danĀ  jadwal sidang sekitar 3 minggu ke depan untuk persidangan dengan memanggil pihak Dirreskrimsus Polda Sumbar," ujarnya.

(jhn/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga