Dr Aqua Dwipayana: Kebahagiaan itu pada Diri Masing-masing

Dr Aqua Dwipayana Kebahagiaan itu pada Diri Masingmasing

Covesia.cm - Semua nggota Polres Bangkalan berhak bahagia agar selalu semangat melaksanakan semua tugas terutama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk mewujudkan itu cukup sederhana. Kebahagiaan itu ada pada diri masing-masing. 

Penegasan itu disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan puluhan anggota polisi termasuk perwira dan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Polres Bangkalan, Jawa Timur (Jatim), Kamis sore (25/11/2021). Kegiatan itu merupakan tindak lanjut safari silaturahim yang dijalankan Dr Aqua selama lebih kurang dua pekan di Jawa Timur (Jatim). Sharing tersebut bertajuk “Memperkuat Kemampuan Komunikasi Seluruh Personel Polres Bangkalan untuk Meningkatkan Kinerja Terutama Memberikan Layanan Terbaik ke Masyarakat". 

Dr Aqua melanjutkan kunci hidup bahagia adalah menjalani kehidupan termasuk melaksanakan aktivitas mulia sebagai anggota Polri, menikmatinya, selalu mengedepankan rasa syukur, dan menerima apapun dengan ikhlas. 

“Kebahagiaan tidaklah identik menjadi milik mereka yang memiliki segalanya. Itu hanya akan menghampiri mereka yang bersyukur atas apapun situasi dan kondisi yang dialaminya. Oleh karena itu, hidup bahagia itu rumusnya syukur dan bekerja ikhlas,” kata Dr Aqua menegaskan. 

Staf Ahli Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional (KONI) Pusat Bidang Komunikasi Publik ini mengungkapkan untuk hidup dengan bahagia dan tanpa beban maka kita mesti menjalani kehidupan ini dengan sederhana. 

Selalu bersyukur dan bekerja dengan ikhlas, lanjut Dr Aqua, gampang diucapkan dan sangat bisa dilaksanakan. Bukan seperti yang selama ini dikatakan banyak orang yakni mudah mengucapkannya dan sulit melaksanakannya. 

"Jika dari awal berpikirnya sulit selalu bersyukur dan bekerja dengan ikhlas maka sampai kapan pun tidak akan pernah bisa mewujudkan. Kenapa? Karena dari awal pikirannya sudah menyatakan tidak bisa," ungkap Dr Aqua. 

Pria sederhana yang senang membantu banyak orang dengan ikhlas ini menyodorkan setidaknya empat cara menjalani hidup dengan simpel. “Pertama, jangan pernah mencampuri masalah hidup orang lain. Komentar ini-itu yang tidak perlu atau fitnah sana dan sini, menjajakan keburukan orang lain,” kata Dr Aqua menegaskan. 

Kedua, pelopor program umrah gratis The Power of Silaturahim (POS) ini menjelaskan bahwa kita mesti bergaya hidup sesuai dengan kemampuan sosial dan ekonomi kita sendiri. “Jangan siksa diri demi semata memuaskan hati. Ketiga, nikmatilah hidup dengan bersyukur. Apa yang yang dijalani seperti mana yang  diinginkan,” ucap Dr Aqua. 

Pria dengan jejaring pertemanan yang luas ini menambahkan hal keempat adalah jangan pernah mendengarkan apa kata orang. “Ingatlah kita tak meminta makan atau beras kepada mereka. Jadi kenapa kita memusingkan apa kata orang. Fokus saja apa yang bisa kita kerjakan dan kerjakanlah dengan sebaik-baiknya. Intinya, bahagia sederhana, sesederhana kita tersenyum dan bersyukur dengan apa yang kita miliki,” tegas Dr Aqua. 

Lebih jauh, penulis buku "super best seller" Trilogi The Power of Silaturahim itu menyatakan bahwa pada hakikatnya waktu di dunia itu hanya ada tiga hari, yakni kemarin, hari ini, dan esok. “Kemarin adalah hal yang tak akan terulang lagi ceritanya. Besok adalah dimensi waktu yang belum tentu kita bisa bertemu dengannya,” ungkap pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara ini. 

Oleh karena itu, ia mengingatkan waktu di hari ini yang harus kita perjuangkan. Inilah dimensi waktu di mana kita bisa menabung berbagai amalan untuk kita yang akan kita petik hasilnya di masa mendatang. 

“Jangan pernah sia-siakan waktu yang kita miliki. Karena itu, niatkan semua yang kita kerjakan sebagai ibadah kita kepada Tuhan. Jika kita melakukan semua dengan ikhlas dilandasi oleh ibadah maka kita tidak akan pernah merasa lelah. Kita akan selalu dibantu oleh Yang Mahakuasa sehingga apapun yang kita lakukan akan kita jalani dengan penuh kemudahan,” kata bapak dua anak ini menguraikan. 

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga