Hewan Buas Kembali Mangsa Kambing Warga di Limapuluh Kota

Tampak ternak warga yang usai dimangsa hewan buas di Limapuluh Kota, Selasa malam (23/3/2021)(Foto: Covesia/ Istimewa)

Covesia.com – Belum satu bulan, dua ekor kambing warga Nagari SITAPA, Kecamatan Luak mati dimakan macan dahan, kejadian serupa kembali terulang. Kali ini dua ekor kambing warga jorong Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota mati diterkam hewan buas, Selasa (23/3/2021) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Diduga, kambing ini juga diterkam macan dahan.

Pemilik kambing, Mursal (74) mengaku ia terkejut mendengar kambingnya meraung kesakitan di dalam kandang. Ia pun memberitahu menantunya Yudhi Dt Sinaro Nan Panjang untuk melihat ke kandang.

Saat dilihat oleh Yudhi, alangkah terkejutnya dua kambing Mursal tengah diterkam oleh Macan Dahan. Takut kenapa-kenapa, ia pun memilih untuk menjauh dari kandang.

“Setelah disoraki, harimau itu pun menjauh ke areal kebun pisang. Namun tidak ada gelagat macan itu takut dan malah kembali mengintai,” sebut Yudhi ketika di hubungi Covesia.com, Rabu (24/3/2021) pagi.

Yudhi pun berinisiatif menghubungi warga sekitar untuk berjaga-jaga. Kemudian bersama masyarakat memberanikan diri ke kandang kambing. Didapati, dua ekor kambing telah mati.

Disampaikan Yudhi, macan tersebut memang sudah terlihat oleh warga berkeliaran beberapa hari terakhir di Parit Kelompok Bukit, Jorong Ketinggian. Namun, baru kali ini menyerang hewan ternak.

“Macan dahan ini sudah terlihat juga oleh warga beberapa hari terakhir, namun baru kali ini menyerang hewan ternak,” katanya.

Sampai berita ini diturunkan, BKSDA dan masyarakat tengah berupaya untuk menangkap macan tersebut dengan memasang perangkap.

(agg/don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password