Pasca Tiga Mahasiswa Terseret Air Bah di Padang, Polisi Tutup Sementara Wisata Air Terjun Lubuk Hitam

Objek Wisata Air Terjun Lubuk Hitam, di kawasan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang (Foto: Covesia/ Istimewa)

Covesia.com – Pihak Kepolisian menutup sementara kawasan objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam, di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pasca adanya tiga orang mahasiswa yang terseret air bah di daerah itu.

Kapolsek Bungus Teluk Kabung, AKP Zamzami mengatakan lokasi Air Terjun Lubuk Hitam tersebut akan ditutup karena belum layak dijadikan tempat wisata.

“Kalau dijadikan tempat wisata setidaknya di lokasi tersebut harus safety, seperti ada rambu-rambu nya, peringatan dan lainnya. Tapi itu kan tidak ada,” kata Kapolsek kepada sejumlah awak media, Sabtu (27/3/2021).

Ia mengungkapan, di jalur lokasi tersebut untuk menuju air terjun Lubuk Hitam itu sangat terjal sekali dan belum ada akses jalan yang layak untuk dilewati. Sehingga bisa mengancam keselamatan pengunjung.

“Makanya saya bilang belum layak. Apalagi akses menuju tingkat tiga air terjun, sama sekali tidak safety,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Zamzami, pihaknya akan melakukan pengkajian tentang kelayakan lokasi itu dijadikan tempat wisata dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

“Untuk saat ini kita akan selidiki terlebih dahulu kesalahannya dimana. Kemudian baru kita koordinasikan dengan dinas terkait,” kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 16 mahasiwa yang berwisata ke Air Terjun Lubuk Hitam, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan.

15 orang diantaranya mahasiswa UNP dan 1 orang mahasiswa Unand. Mereka berkunjung ke lokasi Wisata Alam Air Terjun 3 Tingkat Lubuk Hitam bertujuan untuk mandi-mandi.

Nahas, tiga orang diantaranya dilaporkan hanyut terbawa arus aliran air terjun dan meninggal dunia. Ketiga korban merupakan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP).

(don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password