Taslim Sebut Banyak Kesamaan Partai Ummat dengan Muhammadiyah

Taslim Sebut Banyak Kesamaan Partai Ummat dengan Muhammadiyah

Covesia.com - Ketua Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) Sumbar, Taslim Chaniago mengatakan banyak kesamaan yang dimiliki partai umat dengan Muhammadiyah sebagai organisasi gerakan dakwah.

"Yang paling mendasar adalah kesamaan prinsip dan tema perjuangan. Melakukan amar makruf, nahi munkar, menegakan keadilan dan, dan memberantas kezaliman," ungkap Taslim di Padang dalam keterangannya yang diterima Covesia, Sabtu (10/4/2021).

Dia mengatakan, Muhammadiyah bergerak di bidang dakwah dan sosial, sedangkan partai Ummat bergerak di bidang politik. Oleh sebab itu ke depan Partai Ummat, terutama di Sumbar harus bersinergi dengan Muhammadiyah sampai ketingkat paling bawah yaitu ranting.

"Kami optimis bahwa Muhammadiyah di Sumbar akan memberikan dukungan kepada partai Ummat, dengan beberapa alasan, antaranya, kesamaan prinsip dan tema perjuangan," tambahnya.

Partai Ummat didirikan oleh tokoh Muhammadiyah Amien Rais, yang menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah. Banyak kader dan aktifis Muhammadiyah yang jadi inisiator pendiri partai Ummat baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten Kota dan sampai ke Kecamatan.

Tak hanya itu, Partai Ummat akan mendapat tempat dan dukungan dari masyarakat Sumbar, terutama karena ketokohan Amin Rais.

Sementara itu, Apris, Sekretaris TP3U Sumbar menginformasikan bahwa sampai saat ini sudah terbentuk 100 persen TP3U di 19 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat.

"Lebih kurang 70 persen TP3U Kecamatan se Sumatera Barat. Ditrgetkan sampai akhir bulan April 2021 sudah bisa tuntas 100 persen di 179 Kecamatan, se Sumbar," imbuhnya.

Apris mengaku bahwa banyak mendapat kemudahan dalam membentuk kepengurusan TP3U di daerah. Hal itu karena adanya dukungan dari pimpinan dan kader-kader Muhammadiyah, juga dukungan dari tokoh masyarakat dan ummat.

Kemudian, Dasril Ilyas, Pengarah TP3U Sumbar dalam kesempatan itu berharap Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar dapat memberikan kelonggarnan kepada kader di dareah dan cabang untuk ikut serta menjadi insiator pendirian partai ummat dan juga jadi pengurus partai ummat nantinya.

"Kami juga berharap kiranya PWM selalu memberikan masukan kepada Partai Ummat, untuk bisa selalu bersinerji dengan Muhammadiyah dalam melaksanakan kegiatan dan Programnya," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Shofwan Karim, Ketua PWM Sumbar menyambut baik kedatangan TP3U Sumbar berkunjung ke PWM Sumbar.

"Kunjungan ini menurut kami sangatlah penting, karena dapat memberikan informasi, sudah sejauh mana keberadaan dan perkembangan partai ummat di Sumbar,"katanya.

Kehadiran partai ummat, tidaklah terlepas dari Muhammadiyah, karena Amien Rais, sebagai pendiri Partai Ummat adalah kader dan tokoh Muhammadiyah, dan mantan ketua PP Muahmmadiyah, yang dalam jiwa dan pikiranya telah mengkristal Muhammadiyah.

Menurutnya, perjuangan Amien Rais akan selalu mendapat dukungan dari warga dan kader Muhammadiyah Sumatera Barat. Bahkan juga dukungan dari segenap tokoh dan ummat Islam di ranah Minang.

Terakhir, Ketua Harian PWM, Solsafat mengatakan selama ini Muhammadiyah selalu menjaga kedekatan dengan partai politik. Dengan kehadiran partai Ummat tentu kedekatan itu akan semakin terasa, karena banyaknya kesamaan antara Partai Ummat dengan Muhammadiyah. Inilah yang perlu dirawat dan dikembangkan terus

Dia berharap hubungan kedekatan Muhammadiyah dengan Partai Ummat itu melalui 4 proses. Pertama taaruf, saling mengenal, kedua, taawun, saling membantu, ketiga, tafahum, saling memahami dan takaful saling memberimanfaat.

"Kita berharap kalau bisa bagi Partai Ummat , Muhammadiyah itu dapat menjadi basis sebagai pendukung utamanya. Dan ini tentu tergantung kepada upya yang dilakukan oleh pimpinan partai Ummat," tukasnya.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga