Metal Detector Bermasalah Diduga Penyebab Teroris Zakiah Aini Bisa Tembus Mabes Polri

Teroris Zakiah Aini dalam tangkapan layar CCTV. Sumber: istimewa

Covesia.com – Pertanyaan kenapa Teroris Zakiah Aini menembus pengamanan Mabes Polri dan menjalankan serangan kepada anggota polisi disebabkan metal detector di penjagaan bermasalah. Metal detector Mabes Polri tidak mendeteksi senjata yang dibawa Zakiah Aini waktu masuk.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Rusdi Hartono pun akhirnya menngungkapkan, untuk dapat masuk ke Mabes Polri, ada SOP bagi tamu yaitu melewati pemerikasaan.

“Kita punya SOP, seperti petugas pemeriksaan akan menanakan identitas dan terkait keperluan apa datang ke Mabes, barang-barang diperiksa, termasuk melewati metal detector. Sejak kejadian kemarin (penyerangan oleh Zakiah Aini), Mabes Polri sedang mengaudit sistem pengamanan, kalau ada yang masih dianggap kurang,” ungkap Rusdi Hartono dikutip dari tayangan TVOne.

“Kemarin itu metal detector itu baru berbunyi setelah (pengunjung) lewat satu langkah. Mungkin ada sedikit kerusakan pada metal detector penjagaan bagian belakang,” tambahnya.

Menurutnya, metal detector seharusnya langsung berbunyi ketika medeteksi ada benda logam seperti senjata api.

“Tetapi, ketika lewat satu langkah, baru berbunyi. itu salah satu temuan saat audit,” ungkapnya.

Sebelumnya, pengamat teroris dari Community of Ideological Islamic Analyst, Harits Abu Ulya, melihat sejumlah keanehan terkait lolosnya Zakiah Aini masuk komplek Mabes Polri dan keberanian Zakiah Aini memasuki jantung lembaga keamanan negara tersebut.

Kejanggalan pertama, menurut Harits, Zakiah Aini membawa senjata api namun bisa lolos pemeriksaan metal detector Mabes Polri.

”Bisa saja itu anak perempuan lagi marah kemudian ada yang memengaruhi dia. Karena di sini banyak kejanggalan, kok dia bisa lewat metal detector, kan aneh,” kata Harits, Rabu (31/3/2021). (Suara)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password