Wagub Sumbar Klaim Sektor Pertanian Tulang Punggung Perekonomian Sumbar

Sumber: Humas Pemprov

Covesia.com – Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Sumbar. Ketika pandemi Covid-19, khususnya di Sumbar sektor pertanian tidak terpenggaruh, bahkan bisa meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

“Peningkatan ini dibuktikan, masyarakat kita tidak mengonsumsi hasil pertanian impor. Jadi hasil pertanian lokal meningkat hingga 40 persen,” ujar Audy saat mendampingi Menteri Pertanian di Solok, Jumat (9/4/2021).

Petani memegang peranan yang amat penting dari keseluruhan perekonomian nasional Indonesia. Hal ini, ditunjukan dari petani dan pertanian merupakan basis besar perekonomian Indonesia.

“Kita berharap hadirnya Menteri Pertanian bisa menjadi perhatian pemeritah termasuk dalam menunjang sektor pertanian di bidang riset dan teknologi yang sepadan. Sebaiknya, kalau tidak ada perhatian besar pemeritah, jangan harap sektor ini bisa berkembang,” katanya.

Di Sumbar kata Audy, sektor pertanian mampu menjadi salah satu sektor yang mendorong perekonomian di masa pandemi Covid-19 yang bisa mengalahkan pada sektor industri.

“Makanya kami bisa mengatakan sektor pertanian adalah tulang punggung Sumbar,” tuturnya

Tak hanya itu, Audy juga berpendapat bahwa pertanian punya kekuatan lebih besar dari industri.
“Di sektor pertanian ada produk unggulan, pangan dan perkebunan, lalu perikanan yang menjanjikan,” tukasnya.

(ril/ila)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password