BPPTKG: Gempa M6,7 di Malang Tak Pengaruhi Aktivitas Gunung Merapi

Foto Istimewa: BPPTKG

Covesia.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (m) 6,7 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut getaran gempa Malang itu dirasakan di semua Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM).


“Gempa tanggal 10 April 2021 pukul 14:00:15 WIB terasa di semua Pos Pengamatan dan terekam di seluruh stasiun Merapi,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya, yang dilansir dari detik.com, Sabtu (10/4/2021).

Adapun Pos PGM berada di Kaliurang (Sleman), Babadan dan Ngepos (Magelang), serta Jrakah dan Selo (Boyolali). Hanik menjelaskan hingga saat ini dampak gempa bumi itu tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi.


“Hingga saat, ini tidak terlihat adanya pengaruh gempa tersebut terhadap aktivitas vulkanik Merapi,” tegasnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo (m) 6,7 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG melaporkan gempa tersebut terjadi pada pukul 14.00 WIB siang tadi. Titik koordinat gempa terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.


Episenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang. Gempa memiliki kedalaman 25 km. Belum diketahui ada atau tidaknya dampak dari gempa ini. Begitu juga dengan korban jiwa.
(dtc)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password