Pemprov Tegas Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi di Sumbar

Covesia.com – Satu-satunya provinsi di Indonesia yang tak memberikan izin untuk mini market Indomaret dan Alfamart beroperasi di daerahnya adalah provinsi Sumatera Barat. Hal tersebut guna melindungi UKM dan pengusaha lokal di Sumbar.

“Kami konsisten dengan kebijakan itu karena ini merupakan sesuatu yang positif untuk Sumbar,” ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut Audy mengungkapkan, kebijakan tersebut mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan di luar Sumbar. ” Kalau mau buat usaha retail di Sumbar, peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada,” ujarnya.

Dikatakan Audy, kebijakan pelarangan itu, bukan berarti Sumbar menutup diri dari investasi luar. Akan tetapi memberikan peluang bagi pelaku usaha lokal untuk berkembang.

Audy berpendapat bahwa kunci keberhasilan usaha retail adalah dikelola dengan baik oleh SDMnya. “Semua harus punya standar operasional prosedur yang baik dan terstandar,” imbuhnya.

Pengelolaan yang tidak baik akan mengakibatkan sulitnya usaha berkembang dan bertahan, apalagi di era digital seperti saat ini.

“Termasuk soal pelayanan harus bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen. Semua orang bisa membuka usaha sehingga tidak ada monopoli dan kunci memenangi persaingan ada di pelayanan, ujarnya.

Audy berpesan, pelaku usaha retail harus memberi ruang untuk produk UKM lokal dengan membuatkan pojok khusus UMKM yang bisa terlihat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Nagari Minang Sakato, Nasirman Chan pengelola Nagari Mart menyampaikan, kehadiran Nagari Mart merupakan upaya memudahkan masyarakat yang ada di nagari memenuhi kebutuhan belanja harian.

“Jadi tidak perlu harus ke kota lagi dalam pengelolaan dan kerja sama menerapkan sistem koperasi,” katanya.

Dikatakan Nasirman ada sekitar 1.000 nagari di Sumbar, dan jika 10 persen saja siap bekerja sama mendirikan Nagari Mart itu sudah luar biasa.
(ila)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password