Kepala BNPB Tinjau Realisasi Mitigasi Tsunami Pariaman

Covesia.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meninjau realisasi program vegetasi di pantai Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

“Ini sebagai langkah mitigasi bencana tsunami di Kota Pariaman. Makanya saya datang melihat kesungguhan Pemerintah Kota (Pemkot) ini,” sebut Kepala BNPB, Doni Monardo, pada Rabu (14/4/2021) saat kunjungi Kota Pariaman.


Lokasi yang ditinjau Kepala BNPB tersebut yaitu, pantai Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan. Pantai tersebut sebelumnya diusulkan oleh Pemkot Pariaman, dengan nama kawasan Ma’ruf Amin yang merupakan Wapres RI, karena seminggu lalu wapres datang ke Kota Pariaman, dan melakukan penanaman pohon di pantai itu. 


Lanjut Doni, setelah ditanam oleh wapres dan pejabat yang hadir seminggu lalu, namun hingga sekarang tanaman itu terlihat tumbuh subur. 


“Sepertinya tanaman di sana menunjukkan perkembangan yang baik dan berpotensi tumbuh, kami berikan apresiasi kepada Pemkot Pariaman,” katanya. 

Doni menyebutkan, melihat perkembangan kondisi pohon yang ditanam di tepi pantai Kota Pariaman, persentase hidupnya lebih tinggi.
Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, bahwa pihaknya menyadari daerah itu berpotensi besar diterjang gempa dan tsunami sehingga vegatasi menjadi pilihan sebagai mitigasi.

“Karena dengan menanam pohon sekitar beberapa meter, dapat mengurangi dampak tsunami maka hal ini sangat diperlukan,” ucapnya. 
(pri)

0 Comments

Leave a Comment

1 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password