Kawasan Pulau Setan-Pessel Terbakar, Beberapa Fasilitas Umum Hangus Dilalap Si Jago Merah

Kawasan Pulau SetanPessel Terbakar Beberapa Fasilitas Umum Hangus Dilalap Si Jago Merah

Covesia.com - Kawasan Pulau Setan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terbakar, beberapa fasilitas umum diketahui hangus dilalap si jago merah. 

Menurut informasi yang diterima dari salah satu masyarakat setempat menyampaikan, peristiwa tersebut diketahui terjadi pada malam tadi Rabu (23/6/2021) sekitar pukul 20.00 WIB. 

"Ya benar, malam tadi kawasan di pulau setan terbakar," sebut salah satu pengelola Pulau Setan, Direktur BumNag Bersama Mandeh Tarusan Jaya, Syuryadi Chan pada Covesia.com Kamis (24/6/2021). 

Ia menceritakan, terdapat beberapa fasilitas umum terbakar dikawasan tersebut, yaitu 7 buah kadai dan 1 mushollah dan alat-alat pelampung untuk wisatawan yang terletak di dalam musholla.

"Semua hangus terbakar dan tidak ada barang yang dapat diselamatkan. Kebakaran tersebut pertama kali diketahui dari informasi nelayan yang melaut. Saat kami sampai di pulau semuanya sudah hangus terbakar," ucapnya. 

Untuk sumber api, kata dia, tidak tau dimana sumber api berasal. Karena, saat peristiwa kebakaran terjadi pulau dalam keadaan kosong dan tidak ada penghuninya. 

"Peristiwa ini sudah kita laporkan ke pemerintah. Kalau sumber api kita tidak mengetahui dari mana asalnya. Akibat kejadian diperkirakan kerugian mencapai Rp 200 juta," ujar Syuryadi Chan. 

Terpisah Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Pessel, Dailipal membenarkan, bahwa kawasan pulau setan malam tadi terbakar. 

"Memang benar, berdasarkan informasi dari masyarakat. Untuk penyebab dan sumber api belum dapat diketahui," kata Dailipal. 

Sementara, saat ini terkait peristiwa ini,  pihaknya masih menunggu informasi lebih lengkap dari pihak nagari dan kecamatan.

"Kita masih menunggu laporan dari pihak pemerintah nagari dan kecamatan," tutupnya. 

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga