Kejadian Langka, Bunga Bangkai di Aia Tabik Agam Berbuah

Sumber: istimewa

Covesia.com – Warga Jorong Bukik Aia Tabik, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) menemukan bunga bangkai (Amorphophallus Titanum) sudah berbuah.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, peristiwa tersebut merupakan kejadian langka dan jarang terjadi.

“Ini merupakan kejadian langka, biasanya bunga bankai hanya sampai kelopak kemudian mati, namun, mungkin karena penyerbukannya sempurna, lalu muncul buah warna merah,” ujarnya, Jumat (16/4/2021).

Dijelaskannya, bunga bangkai berbuah ini awalnya ditemukan warga setempat saat sedang melintas disekitar lokasi, melihat fenomena langka ini mereka melaporkan ke BKSDA, dan pihaknya langsung menuju lokasi.

Dari hasil pemantauan dilapangan, bunga bangkai itu tidak mempunyai kelopak atau daun namun memiliki tandan dengan panjang 179 cm dengan lingkaran batang dengan diameter 40 cm. Selain itu juga terlihat sedang berbuah warna merah sebesar buah pinang.

“Menurut perkiraan kami, buahnya belum masak, kalau sudah masak warnanya akan berubah menjadi merah tua, biasanya buah bunga bangkai ini akan bertahan 2,5 bulan dan mati,” katanya lagi

Untuk ke depannya, BKSDA Resor Bukittinggi akan melakukan penelitian lanjutan terhadap penemuan bunga bangkai berbuah ini.

Saat ini pihaknya sudah mengamankan lokasi penemuan bunga bangkai, berupa pemasangan pembatas dan papan informasi bunga ini dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

(jhn)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password