Minta Tegakkan Perda Covid-19, Dr Andani Nilai Penting Adanya Satgas Masjid

Dr. dr. Andani Eka Putra, MSc

Covesia.com – Positivity Rate di Sumbar akhir-akhir ini terus naik, bahkan sampai di angka 16 persen. Hal tersebut tentu mengkhawatirkan.

Kepala Laboratorium Biomedik FK Unand Dr. Andani Eka Putra meminta pemerintah tegakkan Perda AKB dan adanya Satgas Masjid.

“Perkembangan kasus Covid-19 di Sumbar pada Januari-Februari hanya berkisar 3-4 persen, dan kita berharap di Ramadan hanya berkisar 1-2 persen. Namun, kenyataannya malah meningkat 5-6 persen bahkan sampai 12-13 persen dan terakhir kemarin sampai 16 persen,” ungkap Andani saat konferensi pers di meeting zoom, Minggu malam (18/4/2021).

Tenaga Ahli Kementerian Kesehatan ini juga mengatakan, penyebab kasus terus meningkat adalah rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dan aktivitas berkerumun seperti aktivitas di masjid, berbuka puasa bersama tanpa kesadaran prokes.

“Saya kira untuk di masjid yang menyelenggarakan tarawih penting adanya Satgas masjid agar jamaah bisa diawasi, harus memakai masker, pun demikian dengan perkantoran harus prokes. Buka bersama boleh tapi gunakan hanya setengah kapasitas restoran dan prokes,” jelasnya.

Andani mengatakan jangan sampai Sumbar mengalami peningkatan kasus yang dialami India dan Eropa.

“Kita perlu lakukan upaya antisipasi tidak hanya 3T dan 5M saja tapi bagaimana disiplin itu ditegakkan,” tambahnya.

Dia berharap ke depan pengawasan bisa berjalan maksimal, pengelola masjid dan jamaah patuh dengan prokes.

“Kita mungkin bisa menutup sekolah untuk sementara, tapi tidak mungkin kita menutup masjid. Sampai saat ini masih banyak rumah makan yang tidak taat prokes. Ekonomi kita harus terus bergerak, makanya Perda harus ditegakkan dan masyarakat patuh prokes,” tegasnya.

(ila/rdk)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password