Randang Lokan Makanan Khas Pessel Jadi Oleh-oleh Khusus untuk Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno di Pesisir Selatan

Covesia.com – Dalam kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ke Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (23/4/2021), Randang Lokan makanan khas daerah tersebut jadi oleh-oleh khusus untuk sang menteri. 

Oleh-oleh tersebut dengan khusus disiapkan oleh pelaku UMKM saat kunjungan menteri Sandiaga Uno di Pantai Carocok Painan, tepatnya di depan Mesjid Samudera Ilahi. 
Dimana dalam kunjungan menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pantai Carocok Painan, beberapa UMKM menampilkan ciri dan khas kerajinan yang ada didaerah tersebut. 
Seperti, pengrajin dari Batik Lumpo, Batik Corona, Sulam Bayang, dan makanan Rendang Lokan (Rendang Karang), Coffe Robusta (Coffe Pak Dafe) dan lainnya yang menjadi khas daerah Pessel. 

“Banyak hal-hal yang unik disini seperti Batik Lumpo, Batik Corona dan mantap juga ada Kopi Robusta. Terkusus, Randang Karang (Randang Lokan). Jadikan oleh-oleh ya, biar bisa dipromosikan di tingkat nasional, “kata Menteri Sandiaga Uno disela-sela melihat pameran pelaku UMKM di Pantai Carocok Painan. 
Usai melihat pameran tersebut, dalam sambutannya Menteri Sandiaga Uno, memuji dan menilai beberapa ciri khas dari pengrajin dan makanan yang ada di Pesisir Selatan, patut menjadi tameng kedua dalam menunjang kemajuan wisata Pessel. 

Sebab, promosi jual yang dimiliki oleh daerah ini tidak hanya alam, pantainya yang indah. Tapi, banyak ciri khas yang mesti dijual dan dikenalkan ke nasional untuk menarik daya kunjung wisatawan daerah dan manca negara

 “Mari sama-sama kita kembangkan sektor pariwisata Pessel, melalui iven-iven yang dimiliki daerah, mulai dari keindahan alam, pantai dan budayanya. Tapi, ciri khas dari pelaku usahanya juga. Kita harus menjaga elok-elok hal itu dan jadikan daya tarik tersendiri bagi daerah untuk menggaet wisatawan, dan kita akan bantu itu mulai dari tahap promosi, “ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, ia selaku kepala daerah berharap kepada menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, untuk membantu Pesisir Selatan memajukan sektor pariwisata Pessel. 

“Mulai dari sektor pembangunan pariwisata, promosi dan terutama dalam menggait investor. Sebab, anggaran daerah tidak sanggup untuk membangun mimpi kita memajukan sektor pariwisata Pessel. Maka, kita harapkan bantuan Menteri dengan kondisi yang ada di daerah kita, “harap Rusma Yul Anwar. 

Kemudian, pemerintah daerah mewakili UMKM yang ada di Pesisir Selatan, memberikan oleh-oleh khas daerah kepada menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

“Oleh-olehnya, ada Batik Lumpo, Batik Corona dan makanan khas kita Randang Lokan. Kita yakin pak menteri akan menyukai oleh-oleh kita. Apa lagi Rendang Lokan kita kita yakin bapak suka dan bapak sudah penasaran tadi kata bapak menteri, “tutupnya Bupati. 

Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ke Pesisir Selatan, pada Jumat (23/4/2021) tersebut, didampingi oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Anggota DPR RI Andre Rosiade, Mantan Wagub Nasrul Abit, bersama rombongan dan disambut oleh Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar bersama jajaran OPD di Pantai Carocok Painan. 

(ind)

0 Comments

Leave a Comment

1 + 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password